Pontianak (Antara Kalbar) - Sebagai komitmen menjaga kebersihan kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menambah armada angkutan sampah berupa dua unit dump truk fuso.

Kedua unit dump truk fuso berwarna kuning ini diresmikan pengoperasiannya oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji dengan prosesi tepung tawar di halaman Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa.

Menurutnya, penambahan dump truk fuso ini bertujuan untuk mengefisienkan armada angkutan sampah yang ada sehingga lebih banyak muatan sampah yang bisa terangkut dengan sekali rit. Satu unit truk fuso ini mampu mengangkut sampah sebanyak tiga kali angkutan yang dibawa truk ambrol. Diakuinya, kendati bahan bakar yang dibutuhkan satu unit dump truk fuso itu sebanyak 40 liter, sedangkan truk ambrol 18 liter, namun daya angkut satu unit truk fuso setara dengan tiga unit truk ambrol.

“Artinya, dengan dump truk fuso ini cukup sekali angkut dibandingkan dengan truk ambrol yang harus tiga kali angkut. “Itu lebih cepat dan lebih efisien serta daya angkutnya lebih memadai,” ujarnya.

Ditambahkannya, jika keberadaan dump truk fuso ini menunjukkan hasil yang signifikan dalam pengangkutan sampah, pihaknya akan menambah lagi armada serupa tahun depan. “Saya maunya kebersihan itu jadi prioritas utama kita,” tuturnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak, Sri Sujiarti menyatakan, dump truk fuso seharga Rp 557 juta per unit ini memiliki daya tampung sebanyak 18 meter kubik atau setara dengan muatan tiga truk ambrol. “Truk fuso ini dikhususkan dulu untuk depo-depo kita yang di GOR dan Pasar Mawar,” pungkasnya.            
Dengan penambahan armada ini, lanjutnya, sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam pengangkutan sampah. Diakuinya, volume sampah yang bisa terangkut oleh pihaknya belum mencapai 100 persen dikarenakan keterbatasan armada angkutan sampah. “Sehingga dengan adanya armada ini kita berharap prosentase sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) itu akan semakin besar,” pungkasnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015