Putussibau (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu menggelar  rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut serta daftar pasangan calon pada pemilihan bupati wakil-bupati Kapuas Hulu tahun 2015 di gedung Paroki Putussibau, Selasa.
    
Ketua KPU Kabupaten Kapuas Hulu Lisma Roliza menuturkan, pengundian dan pemberian persetujuan daftar tersebut merupakan dua agenda yang menjadi dasar untuk penetapan daftar nama pasangan calon (Paslon) dan mencetak surat suara pada pemilihan bupati-wakil bupati Kapuas Hulu Desember mendatang.
    
"Serta untuk keperluan kampanye dan dipasang di setiap tempat pemungutan suara pada hari pemungutan suara nanti," ujarnya.
    
Hasil pengundian yang disaksikan peserta Pleno terbuka itu, pasangan AM Nasir-Anton L Ain Pamero mendapatkan nomor urut 1 dan Fransiskus Diaan - Andi Aswad nomor 2.
    
Lisma menegaskan, penetapan nomor urut Paslon bupati-wakil  Bupati Kapuas Hulu bersifat final dan mengikat dan tertuang dalam Keputusan KPU Kapuas Hulu SK75/Kpts/KPU-Kab-019.435755/2015 tentang penetapan nomor urut.
    
"Dengan ditetapkan kedua pasangan ini, agar kedua pasangan dan tim kampanye dapat memahami pedoman yang ada. Terutama memahami kegiatan yang dibenarkan maupun dilarang, berkaitan dengan kampanye yang akan dimulai pada 28 Agustus hingga awal Desember," papar Lisma.
    
Ia mengingatkan, kedua Paslon tidak dibolehkan melakukan kegiatan kampanye diluar jadwal. Kedua Paslon diharapkan dapat memanfaatkan waktu  yang sudah ditetapkan oleh KPU "Tidak melakukan kegiatan yang merugikan kita semua. Kalau mau kampanye, supaya bersabar. Karena ada 101 hari kampanye yang digunakan untuk Paslon berkampanye," tegasnya.
    
Dalam sambutan singkatnya, Fransiskus Diaan berharap, tahapan Pilkada Kapuas Hulu kedepannya tetap berlangsung aman dan lancar.
    
"Kita bersyukur proses Pilkada yang lancar. Hingga tahapan hari ini, penetapan nomor urut berjalan aman. Kita berharap hingga Desember mendatang situasi daerah kondusif," kata pria yang akrab disapa Sis ini.
    
Sis meminta seluruh masyarakat Kapuas Hulu yang sudah terdaftar untuk menggunakan hak pilihnya. "Kami mengimbau agar kita semua menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya. Karena kita merupakan penentu penimpin Kapuas Hulu untuk lima tahun kedepan," harapnya.
    
Setelah Sis, dilanjutkan AM Nasir. Incumbent bupati Kapuas Hulu ini mengatakan, dengan diperolehnya Nomor urut 1 pada pertarungan Pilkada 2015 ini, Ia berharap bisa satu kali lagi memimpin Kapuas Hulu.
    
"Dengan Nomor urut 1, semoga bisa melanjutkan satu kali lagi," kata AM Nasir.
    
Menurutnya, semua calon yang maju di Pilkada Kapuas Hulu merupakan figur terbaik yang diamanahkan oleh masyarakat. "Tentu ini proses. Persaingan adalah hal biasa. Namun bagaimana kita menciptakan keamanan dan perdamaian," ungkapnya.


Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015