Ketapang (Antara Kalbar) - Anggota Polres dan Kodim 1203 di Ketapang tidak tinggal diam menyikapi semakin pekatnya kabut asap. Sebanyak 30 lebih Anggota Polres dan Kodim 1203 Ketapang membagi-bagikan masker kepada pengendara sepeda motor yang melintas di bundaran Agus Djam Ketapang.
    
Pembagian masker ini mengingat, kabut asap yang disebabkan kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Ketapang dan Kayong Utara semakin hari semakin tebal dan menganggu aktivitas.
    
Kapolres Ketapang AKBP Hady Poerwanto saat dihubungi di Ketapang mengatakan, pembagian masker ini sudah dilakukan oleh Anggota Polres dan anggota Kodim 1203 Ketapang sejak sepekan terakhir.
    
Ia menambahkan, masih banyak warga Ketapang  yang melakukan aktifitas diluar rumah tidak mengunakan masker.
    
Lanjutnya, ia menegaskan akan terus melakukan kegiatan serupa dengan menggandeng dan bekerjasama dengan pihak dan instansi lainnya yang peduli mengenai hal ini, selama kondisi cuaca atau kabut asap masih terus menyelimuti Ketapang.
   
"Jadi tidak hanya sampai disini, selama kondisi asap masih mengganggu perjalan, kita akan terus melakukan kerjasama dengan pihak lainnya dalam pembagian masker secara gratis," ujar Hady.
    
Tambahnya, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya pengendara agar senantiasa berhati-hati dan tidak saling mendahului, mengingat kabut asap dapat menggangu jarak pandang dan dapat membahayakan pengendara jika tidak berhati-hati ketika membawa kendaraan.
   
"Selain menggunakan masker untuk mencegah gangguan pernafasan, seluruh pengendara juga kita imbau agar menyalakan lampu kendaraan baik di pagi hari, siang maupun malam hari, agar dapat meminimalisir jarak pandang yang terganggu karena asap," mintanya.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015