Ketapang (Antara Kalbar) – Jajaran Polri, TNI, Dinas Kesehatan dan pihak Pemkab Ketapang lainnya beserta aparat desa dan tokoh masyarakat melaksanakan apel Desa Siaga Api.
Apel desa siaga api di Kecamatan Muara Pawan difokuskan di halaman kantor Desa Tempurukan, Senin (21/9).
"Desa Siaga ini merupakan operasi kewilayahan aman nusa dua yang diselenggarakan seluruh Kalimantan Barat,” kata Kapolres Ketapang, AKBP Hady Poerwanto di Ketapang, Senin.
Apel siaga api ini ,dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan kedepan. Hal ini lantaran masih ada masyarakat yang diperikirakan akan melakukan pembakaran lahan sehingga dibentuklah desa siaga api di tiap desa se Ketapang.
Untuk itu ,langkah yang diakukan sesuai perintah Kapolda melaksanakan atau membentuk Desa Siaga di seluruh desa se Kalimantan Barat. "Untuk Polres Ketapang kita laksanakan di seluruh desa di Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara,” ungkapnya.
Ia berharap dengan terbentuknya desa siaga api tidak ada lagi masyarakat membuka lahan dengan cara membakar tanpa pengawasan. Sehingga tak ada kebakaran hutan dan lahan serta tak terjadi lagi bencana kabut asap khususnya di Ketapang.
“Harapan kita semua masyarakat dengan dimotori aparat desa dan Muspika terkait di wilayah masing-masing. Semuanya terlibat dan berpartisipasi mengantisipasi serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” harapnya.

Pewarta: john

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015