Sungai Raya  (Antara Kalbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menggelar Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) untuk mencegah penyakit kaki gajah atau Filariasis.

"Untuk mencegah terjangkitnya penyakit Filariasis atau yang dikenal dengan penyakit Kaki Gajah, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan setempat dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar melakukan kegiatan Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) di Kantor Camat Sungai Raya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Berli Hamdani di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, penyakit itu merupakan penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk sehingga terjadi pembengkakan kelenjar getah bening dan menimbulkan pembengkakan pada tangan dan kaki serta dapat menurunkan produktivitas.

Kegiatan POMP itu merupakan upaya pemerintah dan masyarakat demi menuju eliminasi filariasis dan mencegah semakin banyak masyarakat yang terinfeksi oleh penyakit kaki gajah.

"Penyakit kaki gajah itu hendaknya dapat diwaspadai bersama. Selain itu bagi masyarakat yang saat ini sedang menderita penyakit kaki gajah, hendaknya dapat melakukan pengobatan yang rutin serta membudayakan hidup bersih," tuturnya.

Berli menjelaskan, Kubu Raya dapat dikategorikan sebagai salah satu wilayah endemis penyakit kaki gajah ini, untuk itu kegiatan pemberian obat massal ini memang harus dilakukan untuk satu wilayah di Kabupaten Kubu Raya.

Pemberian obat bertujuan untuk menekan perkembangan penyakit kaki gajah di tubuh manusia karena cacing ini dapat hidup di tubuh manusia dan nyamuk.

"Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat mensukseskan kegiatan ini dengan cara minum obat bersama di Kantor Camat Sungai Raya atau puskesmas terdekat," katanya. ***4***



(U.KR-RDO/A043)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015