Ketapang (Antara Kalbar) - KM Intan Nusantara, kapal pengangkut barang kelontong dari pulau Jawa terbakar di pelabuhan Sukabangun Ketapang, Rabu malam pukul 19.00 WIB.
Dari keterangan salah seorang ABK kapal Mahkota Pawan (kapal lain) Agung Rahmad Saputra, terlihat asap keluar dari bawah anjungan kapal yang saat itu bermuatan berbagai barang kelontong.
Kapal tersebut baru saja tiba dan bersandar di Pelabuhan Sukabangun Ketapang sekitar jam 17.00 WIB dari Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta.
Agung  mengatakan, api berasal dari dalam palka mesin ada korsleting listrik jadi keluar asap.
Kemudian para ABK keluar untuk memadamkan api menggunakan mesin pompa dan terlihat asap sudah mengepul.
Sekitar pukul 19.30 WIB, beberapa unit pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan api.
"Kejadian itu sekitar jam tujuh malam ini beruntung mobil pemadam kebakaran cepat datang  ke lokasi untuk memadamkan api tersebut," jelasnya.
Lebih lanjut Agung mengatakan, kapal milik pelayaran AK Batama yang kantornya beralamat di bawah Jembatan Pawan 1 Ketapang itu memuat sembako dan dua unit mobil Avanza.
"Dua mobil Avanza terselamatkan, sedangkan bahan sembako terbakar. Pagi ini saja api belum bisa dipadamkan karena membakar ternak ayam dan asap masih mengepul," ujarnya.
Insiden terbakarnya KM Intan Nusantara ini tidak ada memakan korban jiwa. Namun diperkirakan dari kebakaran itu mengalami kerugian berkisar miliaran rupiah.

Pewarta: john

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015