Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengikuti Orientasi Kepemimpinan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (OKPPD) 2015, yang diikuti oleh bupati dan wali kota seluruh Indonesia.

"Ini menjadi kesempatan berharga bagi saya, karena tidak semua kepala daerah mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut untuk tahun 2015 ini. Kalimantan Barat hanya diberi kesempatan kepada Bupati Kubu Raya dan Bupati Mempawah," kata Rusman Ali, Selasa.

Dia menjelaskan, untuk menindaklanjuti undangan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Gubernur Kalimantan Barat telah memberi izin dan menugaskan dirinya, untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Dasar Kegiatannya adalah Undang-undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, unsur penyelenggara pemerintahan daerah dilaksanakan oleh kepala daerah dan DPRD.

"Kepala daerah dan DPRD berkedudukan sebagai mitra sejajar yang mempunyai fungsi yang berbeda," tuturnya.

Menurut Rusman Ali, agar masyarakat dapat memahami ketidakhadiran Bupati dalam pelayanan di Kubu Raya karena menjalankan tugas mengikuti kegiatan tersebut.

"Saya harap agar masyarakat tidak bertanya-tanya, dan mengerti bahwa kita sebagai kepala daerah juga memiliki hak dan kewajiban untuk belajar. Karena apa yang kita pelajari dalam kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas kepemimpinan di masyarakat dan meningkatkan komitmen bersama dalam mewujudkan nawacita pemerintah lima tahun yang akan datang," tuturnya.

Dia menyatakan, pemerintah tetap konsisten dan berkomitmen melakukan upaya sistematis dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintahan daerah.

"Salah satunya melalui pelaksanaan OKPPD yang bertujuan agar peserta ke depannya dapat lebih meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap aparatur pemerintahan daerah dalam menyelenggarakan tugas-tugas di bidang pemerintahan daerah, untuk itu Gubernur menugaskan kami menjalankan dan mengikuti kegiatan tersebut," katanya.

Menurut Rusman Ali, kesempatan dan kepercayaan itu adalah kebanggaan dirinya dan masyarakat Kubu Raya, sebab dalam waktu yang kurang lebih dua tahun memimpin Kubu Raya dan usia Kubu Raya yang masih relatif muda sudah diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015