Sungai Raya, Kalbar, (Antara Kalbar) - Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Pontianak, Ade Harsono menargetkan pada Oktober ini ada 550 orang yang akan menjadi nasabah tabungan emas di Pegadaian Kota Pontianak.

"Tabungan Emas ini merupakan program terbaru kita, dimana pada bulan Oktober ini kita menargetkan akan ada 550 masyarakat yang menjadi nasabah untuk tabungan emas," katanya di Pontianak, Rabu.

Adhe menjelaskan, Tabungan Emas pada dasarnya sama dengan tabungan lainnya, hanya saja uang yang ditabung akan dikonversikan kepada emas. Jadi, masyarakat yang ingin memiliki emas, tidak perlu lagi membeli dengan uang tunai, namun bisa menabung dan jika nilai tabungan sudah cukup akan ditukar dengan nilai kepingan emas.

"Jika masyarakat akan menarik tabungannya, kapan saja, mereka bisa menariknya dalam bentuk kepingan emas atau uang tunai. Dengan tabungan emas ini, masyarakat juga akan lebih mudah dalam berinvestasi emas," tuturnya.

Dia mengatakan, adapun keunggulan dari tabungan emas itu antara lain, pembelian emas dengan harga terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram), alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset, mudah dan cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana.

Untuk mulai membuka tabungan emas, masyarakat cukup membuka tabungan dengan nilai uang sebesar Rp100 ribu.

Membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian hanya dengan melampirkan fotokopi identitas diri (KTP/ SIM/ Passpor) yang masih berlaku, mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp5.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000.

"Proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram dengan permisalan harga emas per 0.01gram saat ini sebesar Rp5.250, (disesuaikan dengan harga emas). Misalnya jika ingin membeli 1 gram, maka harganya adalah Rp525.000, apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas Anda dapat dijual kembali ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram dan anda dapat menerima uang tunai sebesar Rp505.000,- untuk tanggal 21-10-2015," tuturnya.

Namun, apabila nasabah menginginkan fisik emas batangan, nasabah dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.

"Jadi, bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas, namun dengan anggaran yang minim, tabungan emas ini menjadi salah satu alternatif yang sangat baik mengingat caranya yang mudah, aman dan pastinya menguntungkan nasabah," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015