Sungai Raya, Kalbar (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Hermanus, mengharapkan masyarakat Kubu Raya dapat memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87, dengan revolusi mental dalam mewujudkan Indonesia lebih baik.

"Pada peringatan HSP ke-87 dengan Tema Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda ini diharapkan dapat menginspirasi gagasan kreativitas pemuda, melalui karya nyata dalam menjawab amanah dan tantangan di segala bidang," kata Hermanus, saat memimpin upacara peringatan Sumpah Pemuda di Kubu Raya, Rabu.

Dia mengatakan, pada era revolusi mental saat ini, semangat Sumpah Pemuda 1928 yang didukung UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, harus memberi semangat dan motivasi baru bagi bangsa terutama pemuda Indonesia khususnya pemuda-pemuda Kubu Raya.

Hal itu jelas sangat diperlukan dalam memperjuangkan eksistensinya sebagai bangsa yang bersatu dan berdaulat.

"Pemuda Indonesia harus mampu mengembangkan berbagai potensi yang ada dan mengatasi berbagai tantangan zaman," tuturnya.

Hermanus mengingatkan agar peringatan HSP tidak hanya sebatas pada rutinitas secara formal (seremonial) semata, melainkan perlu dimaknai pemanfaatan momentum dimaksud secara lebih strategis. Semangat itu diperlukan untuk memperkuat, memperkokoh, merawat, dan menjaga nasionalisme pemuda Indonesia bersatu, maju, menjawab berbagai tantangan zaman dan menangkap peluang seperti yang diamanatkan oleh UU Kepemudaan.

"Amanat ini berkaitan dengan peran aktif pemuda di segala bidang pembangunan," katanya.

Dengan berbagai potensi sumber daya alam dan bonus demografi yang kini dimiliki Indonesia, lanjut Hermanus, para pemuda harus menyiapkan diri untuk bersaing di tingkat dunia.

"Kompetensi dan daya saing pemuda merupakan bagian integral dari pembangunan karakter bangsa yang harus terus diperkokoh, apalagi kita menghadapi Masyarakat ASEAN yang akan diberlakukan awal tahun depan," tambah Hermanus.

Dia menegaskan Kementerian Pemuda dan Olahraga juga akan terus berusaha keras, bersama elemen pemerintah lain dan masyarakat, untuk meningkatkan wawasan dan jiwa nasionalisme, patriotisme, kepeloporan, dan kewirausahaan guna mempercepat kemandirian pemuda yang berpegang teguh pada komitmen untuk tetap bersatu dan berdaulat di bawah NKRI.

"Karena itu, pemerintah mengajak seluruh elemen bangsa untuk membangkitkan pemuda melalui revolusi mental, menuju aksi Satu untuk Bumi` yang diusung dalam tema HSP kali ini," kata Hermanus.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015