Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan, akan melakukan proses lelang jabatan untuk tiga calon pimpinan tinggi pratama yang akan menempati posisi kepala dinas dan badan pada jajaran pemerintahannya.

"Dalam waktu dekat, kita akan melakukan proses lelang jabatan untuk posisi kepala dinas dan badan yang sampai saat ini masih dijabat oleh Plt. Tiga jabatan yang akan kita lelang diantaranya, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPD) dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH)," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali di Sungai Raya, Kamis.

Dia menjelaskan, untuk proses seleksi yang dilakukan Pemkab Kubu Raya, dilakukan sesuai dengan mekanisme perundang-undangan yang berlaku. Hal itu juga dilakukan untuk mencari yang terbaik untuk memimpin instansi.

"Terutama bisa memperbaiki dan menambah masukan untuk Kubu Raya serta bisa diajak kerja sama," tuturnya.

Dengan adanya lelang jabatan itu, Rusman Ali meminta agar para pejabat yang memenuhi standar dari berbagai instansi untuk mengikuti tes tersebut, serta mengikuti aturan yang sudah ditentukan oleh panitia.

"Siapapun boleh daftar, asal masuk dalam persyaratan. Apakah Kepala Dinas lainnya mau pindah atau Asisten juga ingin pindah. Silakan daftar," katanya.

Di tempat yang sama, Plt Sekda Kubu Raya Odang Prasetyo mengatakan, lelang jabatan dimulai dari tanggal 18 November yang lalu dengan membagikan pengumuman di setiap SKPD Kubu Raya serta melalui website.

"Pendaftaran ini ditutup tanggal 30 November. Minimal eselon 4 A," katanya.

Oedang menambahkan, setelah peserta mengembalikan formulir, pihak panitia akan melakukan seleksi, baik dari Pemkab Kubu Raya maupun dari Akademisi.

"Supaya tidak ada kecurangan dalam seleksi calon pimpinan, karena hal ini merupakan amanah KSN, tentang Aparatur Negara," tuturnya.

Ia juga meminta kepada beberapa pegawai di lingkungan Pemerintahan Kubu Raya, terutama yang mempunyai potensi untuk mendatarkan diri menjadi dan mengisi kepala di tiga instansi.

"Semakin banyak, berarti seleksi ini tidak sia-sia. Tapi untuk informasi awal, yang mendaftarkan diri sudah 18 orang," tuturnya.

Terkait proses lelang jabatan tersebut, pihaknya akan melibatkan panitia dari luar, agar tidak ada lagi intervensi dari manapun.

"Itu yang kami hindarkan. Siapapun boleh mendaftar, asal memenuhi persyaratan," kata Oedang.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015