Sungai Raya (Antara Kalbar) - Polresta Pontianak dan Polres Mempawah bersama TNI akan menurunkan 280 untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa di 41 desa di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Untuk pelaksanaan Pilkades serentak, Polresta Pontianak mengerahkan sebanyak 180 personil yang langsung ke TPS, kemudian ada 1 SSK yang stand by di masing-masing titik kurang lebih 100 personil," kata Kapolresta Pontianak, Kombes (Pol{ A. Hidayat di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, untuk Polres Mempawah dan TNI juga akan menurunkan personilnya, sehingga jumlah personil yang akan mengamankan proses Pilkades di Kubu Raya semuanya sekitar 280 personil di lima kecamatan.

"Karena kabupaten Kubu Raya menyangkut dua wilayah hukum yaitu Polresta Pontianak dan Polres Mempawah sehingga akan dilakukan koordinasi," tuturnya.

Menurutnya, tugas polisi adalah menjaga situasi sehingga tercipta rasa aman dan berjalan dengan tertib, sedangkan pelaksanaan Pilkades sendiri adalah pemerintah kabupaten Kubu Raya.

"Jika terjadi hal-hal yang justru merusak suasana demokrasi Pilkades, seperti aksi anarkis maka kami akan mengambil langkah-langkah dan upaya yang tegas. Namun jangan sampai itu terjadi," katanya.

Di tempat yang sama, Kapolres Mempawah, AKBP Jimantoro menyebutkan untuk penempatan personil, pihaknya akan melihat per TPS, serta melihat kondisi dan situasi perkiraan ancaman yang di tempat itu.

"Kalau memang situasi yang ada di tempat itu kondusif, maka kita terapkan pola 1,1,2 artinya 1 TPS, 1 orang Polisi, dan 2 orang Linmas," katanya.

Sejauh ini, kata Jimantoro jumlah personil yang dikerahkan pada saat Pilkades serentak berjumlah 60 personil yang di ambil dari Polsek, dan ada juga yang stand by di Polsek Kubu sebanyak 1 peleton. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015