Sungai Raya (Antara Kalbar) - Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya akan memasang rambu lalu lintas di tiap poros kecamatan pada tahun 2016, untuk meminimalisir kecelakaan.
    "Adanya rambu dan tanda peringatan itu dapat menjadi tanda bagi pengguna jalan sekaligus untuk meminimalisir terjadi kecelakaan," kata Kepala Bidang Darat, Dinas Perhubungan Kubu Raya, Budiman Thahir di Sungai Raya, Selasa.
    Dia menjelaskan, pemerintah Kubu Raya saat ini terus fokus membenahi poros yang ada disetiap kecamatan. Untuk memaksimalkan keberadaan jalan itu, tentu dibuthkan rambu lalulintas sebagai peringatan bagi warga terhadap jalan yang digunakan.
    Pemasangan rambu itu jelasnya akan dilakukan pada poros jalan kecamatan yang bersentuhan dengan akses jalan protokol. Semisal poros kecamatan Jalan Wonodadi.
    "Jalan ini nanti akan kita pasang tanda warning light di ujung gang agar saat orang keluar dapat melihat lampu peringatan itu. Gunanya agar pengguna jalan berhati-hati ketika melintas di alur tersebut," tuturnya.
    Selain di Jalan Wonodadi ada beberapa titik jalan poros kecamatan yang dianggap pihaknya perlu untuk dipasang seperti Jalan Parit Haji Muksin.
    Menurut dia, jalan itu juga kerap digunakan masyarakat untuk lalu lalang. Jalan tersebut juga langsung bersinggungan dengan jalan bebas hambatan.
    Tentu jadi titik rawan kecelakaan, dikarenakan tak jauh dari jalan tersebut juga dekat dengan tikungan yang biasa digunakan pengendara untuk memutar haluan dari arah menuju Supadio. Begitu pula ketika kendaraan menuju Pontianak.
    "Makanya nanti titik ini juga akan kita pasang rambu. Bahkan di titik ini juga telah kita rekomendasikan ke provinsi untuk mencari solusinya. Apakah tikungan itu di tutup atau bagaimana," kata Budiman.
    Masalah itu juga telah di koordinasikan dengan pihak provinsi dan ditanggapi positif, terutama soal pemasangan fasilitas rambu jalan itu. Mereka meminta Dinas Perhubungan Kubu Raya bekerjasama dalam pemasangan ini.
    "Keseriusan itu tampak dengan telah dianggarkan di tahun 2016 mendatang. Untuk besaran anggaran pemasangan rambu, dia mengakui tidak mengetahui jumlah pastinya, yang pasti akan segera kita laksanakan," tuturnya.
    Selain itu, pihaknya juga giat dalam melakukan berbagai sosialisasi agar pengendara dapat tertib dan memahami aturan-aturan berkendara. Karena dalam berkendara penting bagi individu untuk mengerti arti rambu di jalan.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015