Sungai Raya (Antara Kalbar) - Direktur PDAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya, Uray Wisata mengatakan akan meningkatkan kapasitas Instalasi Pengolahan Air (IPA) pada tahun 2016.

"Kita akan meningkatkan kapasitas IPA yang ada di daerah Arang Limbung yang semula kapasitasnya hanya sekitar 80 liter per detik kemudian dengan bantuan APBN pada tahun 2015 telah ditingkatkan kapasitasnya menjadi 120 liter per detik," kata Uray di Sungai Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, peningkatan kapasitas tersebut dilakukan pihaknya karena sampai saat ini ada keluhan pelanggan PDAM Tirtaraya Kubu Raya beberapa bulan lalu terkait adanya air PDAM yang keruh.

"Sebagai informasi, itu memang terjadi karena adanya kegiatan perbaikan jaringan pipa PDAM yang sedang dilakukan beberapa bulan terakhir pada penghujung tahun 2015," tuturnya.

Pada dasarnya sebelum melakukan perbaikan jaringan pipa PDAM di sejumlah titik PDAM Tirta Raya telah melakukan sosialisasi bagi pelanggan PDAM melalui sejumlah bank atau tempat-tempat pelayanan pembayaran PDAM Kubu Raya mengenai akan dilakukan perbaikan jaringan pipa tersebut.

Karena perbaikan jaringan pipa PDAM di sejumlah titik tersebut telah rampung dikerjakan, kata Uray saat ini pihaknya memastikan air PDAM yang mengalir ke masing-masing rumah pelanggan sudah kembali jernih.

Walaupun telah memastikan peningkatan kapasitas IPA di Desa Arang Limbung telah selesai dikerjakan, namun Uray menyatakan hingga sekarang pihaknya belum melakukan pengecekan atau uji coba di lapangan terkait peningkatan kapasitas IPA di Arang Limbung tersebut.

"Hingga sekarang kami masih menunggu Kasatker pusat untuk melakukan uji coba terkait realisasi peningkatan kapasitas IPA tersebut. Kalau tidak ada halangan setelah melakukan pengecekan di lapangan dalam minggu-minggu ini kami akan kembali berkoordinasi dengan Kasatker pusat untuk melakukan pengecekan atau uji coba terkait upaya peningkatan IPA di Arang Limbung," kata Uray.

Dia berharap seiring dengan adanya upaya peningkatan pelayanan PDAM secara bertahap bisa meningkatkan pelayanan bagi pelanggan PDAM Kubu Raya.

"Saat ini jumlah pelanggan PDAM Kubu Raya baru sekitar 14 ribu, kami menargetkan setidaknya pada tahun 2017 mendatang jumlah pelanggan sudah bisa bertambah menjadi sekitar 17 ribu pelanggan," tuturnya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016