Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya mengatakan, Pemprov Kalbar tidak akan membantu pendanaan panitia Festival Cap Go Meh (CGM) di Singkawang pada tahun ini.
"Pada tahun ini bantuan untuk Pontianak, sebab tidak boleh dua tahun berturut-turut untuk Singkawang," katanya saat berkunjung ke Singkawang, Jumat.
Hal itu ditegaskannya, lantaran pemerintah tidak diperbolehkan memberikan bantuan secara berturut-turut.
Meski tidak ada bantuan, katanya, bukan berarti CGM di Singkawang tidak bisa berjalan. Terlebih, karena CGM Singkawang merupakan destinasi wisata nasional.
Ia yakin warga Singkawang yang merantau luar biasa semangat persatuannya. Seperti biasa, lanjutnya, panitia mengharapkan bantuan dari donatur untuk memenuhi biaya yang sangat besar.
"Bantuan pemerintah itu paling hanya Rp200 juta. Sementara kebutuhan panitia untuk menggelar event nasional ini sebesar Rp4 M sampai Rp5 miliar. Jadi kekurangan-kekurangannya itu biasanya melalui sumbangan para donatur," tuturnya.
Sehubungan dengan bantuan itu, orang nomor dua di Kalbar ini mengucapkan terima kasih kepada donatur terutama yang berasal dari Singkawang yang telah sukses di luar Singkawang.
Sebelumnya, Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Pol Arief Sulistyanto memerintahkan Polres Singkawang untuk mempersiapkan pengamanan dan mengajak seluruh komponen masyarakat di Kalbar mewujudkan sikap toleransi bagi masyarakat Tionghoa yang akan merayakan tahun baru Imlek 2016.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016