Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Teknis PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio di Pontianak, Zulbrito mengatakan, menjelang pelaksanaan Imlek, terjadi peningkatan jumlah penumpang maskapai, dan satu penerbangan menambah jam terbang.
"Untuk penerbangan yang ada di bandara Supadio saat ini sudah penuh, kemungkinan ini masih akan terjadi sampai besok. Ada satu maskapai mengadakan penerbangan ekstra tadi malam, yaitu Sriwijaya Air, namun untuk yang lainnya masih belum mengajukan," kata Zulbrito di Sungai Raya, Minggu.
Meski mengatakan penerbangan penuh, namun dia belum bisa memastikan berapa jumlah penumpang yang ada sampai hari ini.
"Kita belum melakukan rekap data dari setiap maskapai, namun diperkirakan jumlahnya melebihi 10 ribu orang per hari," tuturnya.
Dia menambahkan, untuk jumlah penumpang sampai tanggal 4 Februari lalu, keseluruhan mencapai angka 9.364 orang per hari, dimana untuk kedatangan angkanya sebanyak 5.677 dan keberangkatan 3.687 orang.
Menurutnya, peningkatan angka penumpang bandara pada saat Imlek ini masih belum melebihi angka penumpang pada saat Natal dan Tahun baru kemarin, dimana aktivitas penerbangan di bandara Supadio mencapai 12.000 orang lebih dalam satu hari.
"Namun, kita belum tahu pada saat Cap Go Meh nanti, karena selain masyarakat Indonesia yang datang, tahun-tahun sebelumnya masyarakat dari luar juga banyak yang datang kesini," katanya.
Untuk memperlancar pelayanan di bandara, sama seperti pelaksanaan hari besar keagamaan lainnya, PT Angkasa Pura II selalu membuka posko yang terletak di antara pintu kedatangan dan keberangkatan penumpang.
"Posko ini akan memberikan layanan kepada penumpang, dimana pada posko ini kita bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, pihak kepolisian dan TNI AU. Selain itu, kita juga selalu mengecek instrumen keselamatan penerbangan, agar tidak ada kendala dalam penerbangan," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016