Sungai Raya (Antara Kalbar) - Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang kabupaten Kubu Raya akan memaksimalkan kinerja petugas kebersihan yang ada, pada saat menjelang dan sesudah perayaan Imlek tahun ini.

"Kita akan mengoptimalkan kinerja petugas kebersihan di lapangan, terutama saat hari besar keagamaan seperti saat pelaksanaan Imlek yang dilaksanakan oleh masyarakat Tionghoa," kata Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kubu Raya, Encep Mulyadi di Sungai Raya, Minggu.

Tidak hanya saat hari-hari besar keagamaan, namun saat musim buah dan sejenisnya yang berpotensi mengakibatkan kian bertambahnya volume sampah, katanya.

Untuk wilayah disekitar ibu kota kabupaten, kata Encep biasanya lokasi menumpuk atau bertambahnya jumlah sampah itu di beberapa titik Jalan Adi Sucipto, Sungai Raya Dalam dan di sekitar Jalan Trans Kalimantan.

"Di tempat-tempat yang berpotensi terjadi penambahan volume sampah itulah yang kami siagakan petugas kebersihan untuk mengoptimalkan pengangkutan sampah," tuturnya.

Encep juga menambahkan, saat ini pihaknya tengah mengusulkan perubahan jadwal membuang sampah bagi masyarakat di Kubu Raya.

"Kalau sebelumnya jadwal buang sampah mulai pukul 06.00 sore hingga pukul 06.00 pagi, namun setelah kami pantau masih ada yang membuang sampah lewat di atas jam 6.00 pagi. Makanya ke depan akan kami upayakan untuk mengubah jadwal buang sampah mulai dari pukul 06.00 sore hingga pukul 3.00 pagi saja dengan harapan kami bisa lebih optimal dalam mengangkut sampah tersebut," tuturnya. 

(KR-RDO/E001)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016