Sungai Raya (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan, pada tahun 2016 ini, pihaknya menganggarkan alokasi pembangunan untuk kecamatan Terentang sebesar Rp5,98 miliar.

"Sebagai informasi perlu saya sampaikan bahwa pada APBD Kubu Raya tahun 2016 Kecamatan Terentang mendapat program prioritas pembangunan yang dialokasikan sebesar Rp5,98 miliar. Saya harapkan agar semua masyarakat Terentang bersama-sama mendukung dan mengawasi semua program pembangunan di kecamatan Terentang ini dengan cara-cara yang baik dan santun dengan berpedoman pada kepentingan bersama masyarakat," kata Hermanus saat menghadiri kegiatan Musrenbang kecamatan Terentang, Selasa.

Hermanus menjelaskan prioritas pembangunan Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2017, menitikberatkan pada pembangunan ekonomi dengan tetap memperhatikan dan melanjutkan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama dibidang pendidikan dan kesehatan.

"Saya yakin dan percaya bahwa melalui forum musrenbang ini, dapat diinventarisir program dan kegiatan yang mendesak sesuai yang diharapkan masyarakat, dihimpun dalam program-program sektoral di tingkat kabupaten secara proporsional dengan mengacu pada skala prioritas dan tujuan pembangunan daerah yang sudah ditentukan dalam rencana pembangunan jangka menegah dan jangka panjang," tuturnya.

Dijelaskannya, musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah kecamatan, yang dikoordinasikan oleh Bappeda Kubu Raya dan dilaksanakan oleh Camat.

Untuk melaksanakan perintah Undang-Undang Kecamatan Terentang melaksanakan Musrenbang tingkat Kecamatan pada hari senin 9 Februari 2016. Musrenbang Kecamatan terentang juga sekaligus menyusun rencana strategis untuk pembangunan tahun 2017 dengan memandang skala prioritas dan kebutuhan mendesak masyarakat dengan mengacu pada RPJMD Kabupaten Kubu Raya yang diselaraskan dengan visi dan misi Kubu Raya tahun 2014-2019.

"Saat ini, kita telah memasuki persiapan penyusunan RKPD Kabupaten Kubu Raya tahun 2017 yang merupakan RKPD Tahun ke tiga dalam RPJMD Kabupaten Kubu Raya 2014-2019. Kendati dalam dua tahun terakhir telah banyak hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai, namun masih terdapat prioritas pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Kubu Raya dalam tahap pengerjaan dan tahap penyelesaian yang akan terus dilanjutkan dalam program-program pada tahun-tahun selanjutnya," tuturnya.

(KR-RDO/)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016