Pontianak  (Antara Kalbar) - Perusahaan pembuatan kapal, PT Steadfast Marine siap mendukung Kodam XII Tanjungpura dalam memproduksi kapal berukuran kecil yang dilengkapi mesin penyedot air untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

"Kami siap untuk membuat kapal dengan ukuran kecil, sesuai kebutuhan Kodam XII/Tpr, dimana kapal-kapal ini akan dilengkapi mesin penyedot air portable dan bisa ditarik menggunakan dua kendaraan sepeda motor yang akan diberikan kepada para Danramil untuk mengatasi Karhutla," kata pimpinan Steadfast Marine, Rudi di Pontianak, Selasa.

Dia menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah membuat kapal yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan konsumen. Misalnya untuk pengerukan sungai, pertambangan dan sebagainya.

"Kita telah melayani pembuatan kapal yang tidak hanya diperuntukan bagi industri dalam negeri, tetapi kita juga bekerjasama dengan beberapa negara dalam memproduksi kapal," tuturnya.

Terkait keinginan Kodam XII/Tpr yang akan membuat kapal kecil untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, dirinya menyatakan siap untuk menyanggupi hal itu.

Dalam kunjungan kerja di PT Steadfast Marine, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.D.A. merasa sangat bangga dengan kinerja anak lokal Kalbar yang dinilai berhasil memproduksi kapal dengan kualitas mendunia.

Hal itu disampaikan oleh pelaksana Harian Kapendam XII/Tpr, Mayor Inf Sunarto. Ia mengatakan, Pangdam melaksanakan kunjungan itu dalam rangka menggali potensi wilayah yang ada di Kalimantan Barat. Di lokasi tersebut Pangdam meninjau pelaksanaan teknik pembuatan kapal,

"Pangdam menyatakan sangat bangga dengan hasil karya putra bangsa, tidak ada campur tangan pihak -pihak asing dalam pembuatan kapal tersebut dan hal itu merupakan kebanggan tersendiri bagi Provinsi Kalimantan Barat yang mempunyai Industri Perkapalan" katanya.

(U.KR-RDO/T011)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016