Sungai Raya (Antara Kalbar) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kubu Raya, akan melibatkan 100 lebih petugas lapangan untuk melakukan sensus ekonomi 2016 pada 118 desa di kabupaten itu, yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 30 Mei mendatang.

"Terkait hal ini, saya mengajak berbagai lembaga dan asosiasi pengusaha di Kubu Raya untuk menerima petugas Sensus Ekonomi 2016 yang diturunkan pada tanggal 1-31 Mei mendatang," kata Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus di Sungai Raya, Selasa.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan sensus ekonomi dilakukan untuk mendapatkan data-data tentang perekonomian daerah yang menjadi acuan bagi perekonomian nasional.

"Jadi sensus ekonomi ini untuk mendapatkan data-data tentang perekonomian yang ada dan digunakan untuk data perencanaan semua pihak serta untuk bahan pemerintah membuat kebijakan di bidang ekonomi," tuturnya.

Dalam sensus ekonomi itu, lanjutnya, semua sektor ekonomi dan usaha baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum akan didata di seluruh wilayah Kubu Raya.

"Yang didata semua pengusaha baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, kecuali sektor pertanian, karena sudah didata pada sensus pertanian sebelumnya di tahun 2013," katanya.

Meskipun wilayah Kubu Raya cukup luas dan medan yang sulit, namun Hermanus yakin dalam waktu sensus bisa tuntas dilaksanakan, oleh petugas sensus yang direkrut dan ditempatkan hampir disemua desa dan Kecamatan.

Hermanus meminta agar dalam sensus ekonomi ini dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin sehingga dapat membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan terutama dalam bidang perekonomian masyarakat.

Menurut Hermanus data ekonomi sangat penting bagi pemerintah dalam menentukan arah kebijakan yang tepat dimasyarakat. Dia juga menambahkan agar dengan adanya sensus ekonomi secara menyeluruh dan serentak di wilayah Kubu Raya ini dapat menghasilkan data yang benar-benar valid.

"Saya juga meminta kepada semua pengusaha dan pelaku usaha baik yang berbadan hukum maupun tidak baik kegiatan ekonomi masyarakat jika merupakan bagian dari hal yang disensu dalam sensus ekonomi ini agar dapat menerima petugas dan memberikan data yang valid kepada petugas," katanya.

(U.KR-RDO/B008)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016