Sungai Raya (Antara Kalbar) - Sebanyak 60 kantong darah berhasil dihimpun pada kegiatan donor darah dan talkshow yang digelar oleh Persit KCK cabang Bs Kodim 1207/Bs.

"Kegiatan ini kita gelar dalam rangkaian hari kartini tahun 2016 yang diikuti oleh sejumlah pihak, yakni personel Kodim 1207/Bs, Persit KCK Cabang Bs LI Kodim/Bs, Dharma Wanita, organisasi wanita, ormas, Polwan ,Bhayangkari serta mahasiswa," kata Ketua Persit KCK cabang Bs Kodim 1207/Bs, Popy Jacky Ariestanto, yang juga berindak sebagai ketua panitia pada kegiatan tersebut.

Ia mengatakan, maksud dan tujuan dari kegiatan donor darah adalah, membantu PMI dalam pemenuhan ketersediaan darah di PMI.

"Mungkin banyak orang beranggapan bahwa donor darah hanya sekedar menolong sesama," tuturnya.

Padahal, kata Popy, banyak manfaat yang didapatkan dari donor darah, dimana bila dilakukan secara rutin, akan mendapatkan kesehatan pendonor akan terpantau, melancarkan peredaran darah, mengurangi resiko serangan jantung, melancarkan peredaran darah, membuat badan menjadi lebih sehat, awet muda dan berpahala karena sedekah bila darah yang diberikan secara ikhlas.

Dari 105 pendonor yang mendaftar, lanjutnya, yang bisa diambil darah nya sebanyak 60 orang, dikarenakan beberapa hal, seperti tekanan darah tinggi maupun alasan kesehatan yang lain.

Sementara Kadis kesehatan Pontianak dr Sidig Handanu menyambut positif penyelenggaraan kegiatan dalam rangkaian kegiatan peringatan hari kartini tersebut.

"Kami selalu mendukung kegiatan ini karena menunjukkan bentuk kepedulian kepada masyarakat terutama terhadap kaum perempuan pada proses produksi yang dialaminya," katanya.

Untuk presentase terbanyak penyebab langsung kematian ibu saat kehamilan, persalinan dan nifas adalah karena pendarahan disusul oleh infeksi dan reklamasi.

"Sehingga pertolongan melalui ketersediaan darah yang berkualitas, sehat aman dan berkesinambungan oleh PMI menjadi misi utamanya," katanya.***4***

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016