Ketapang (Antara Kalbar) - Ketua DPC PDIP Kabupaten Ketapang Kasdi, punya cara unik untuk memperingati HUT PDIP sekaligus merayakan bulan Bung Karno.
Ia menggelar lomba menangkap ikan dengan mengunakan pukat tarik di pesisir Pantai Air Mata Permai, Desa Sungai Awan, Kanan Kecamatan Muara Pawan Ketapang, Kamis pagi.
Sebelum acara Kasdi mengatakan,  tema peringatan Hari Ulang Tahun PDIP ke 43 dan Bulan Bung Karno adalah "Festival Bahari Nusantara Ayo makan ikan, untuk generasi sehat dan cerdas,".
Tema tersebut mempunyai maksud dan tujuan mempromosikan kepada masyarakat dan generasi muda untuk meningkatkan konsumsi ikan serta mensejahterakan para nelayan dan meningkatkan SDM yang lebih baik.
Sedang kegiatan lomba menangkap ikan dengan pukat tarik ini berjumlah 80 orang dan dibagi menjadi 20 kelompok dengan satu kelompok 4 orang nelayan.
"Disamping itu juga sebagai upaya anggota DPRD Ketapang untuk melihat langsung masyarakat di pinggiran pantai khususnya nelayan kecil yang mencari ikan dengan mengunakan pukat tarik masih terbilang sederhana," jelasnya.
Untuk itu, Kasdi berharap, kedepan para nelayan di Kabupaten Ketapang bisa sejahtera dan menambah penghasilan perekonomian keluarga.
Saat ini anggota Dewan dari Fraksi PDIP akan memantau secara tidak langsung dengan diadakannya lomba tangkap ikan ini.
Pihaknya juga akan berupaya dan berusaha memberikan bantuan kepada nelayan kecil berupa pukat, kapal dan mendirikan SPBN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan) untuk memudahkan para nelayan mengisi bahan bakar saat hendak melaut.
Sementara itu salah satu nelayan peserta lomba tangkap ikan, Junaidi, warga Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan Ketapang mengatakan kegiatan kali pertama ini bisa mendorong masyarakat untuk lebih meningkatkan konsumsi ikan segar dari para nelayan.
Ia berharap kepada anggota dewan Baik dari Fraksi PDIP maupun yang lainya, untuk selalu memperhatikan keluhan keluhan masyarakat kecil seperti para nelayan dan petani.
"Karena secara tidak langsung suara rakyat kecil seperti kami inilah yang memilih utusan untuk mewakili masyarakat dan bisa diandalkan bagi rakyat saat memerlukan bantuan bila terjadi masalah baik dalam pekerjaan para nelayan maupun perekonomian," kata dia.
Ia juga berterimakasih kepada Panitia Lomba tangkap ikan karena secara tidak langsung para nelayan di pesisir pantai Ketapang mulai diperhatikan. Untuk itu kedepan ia berharap agar para anggota Dewan dapat menilai dan memantau nelayan supaya saat memberikan bantuan tepat sasaran dan dapat melihat mana yang layak atau tidak mendapatkan.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016