Pontianak (Antara Kalbar) - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) telah mengumumkan rencana untuk menggandeng perusahaan piranti lunak SAP (NYSE : SAP), melalui program SAP S/4HANA, yakni suite bisnis yang dibangun di atas platform in-memory canggih milik SAP untuk mendorong nilai dan kesederhanaan di berbagai lini bisnis dan industri.

Perusahaan meyakini hal ini akan memungkinkan pengiriman data real-time bahkan dalam operasi terpencil dan integrasi proses bisnis di ANJ dan seluruh kelompok usahanya.

"Menyadari persaingan yang ketat di industri kami, adalah penting bagi kami untuk mengintegrasikan proses di seluruh perusahaan untuk menjaga operasi yang efektif dan efisien.  Sejalan dengan nilai-nilai hakiki dalam perusahaan kami, kami selalu mencari cara untuk meningkatkan kualitas di segala bidang dalam operasi kami. Itulah sebabnya kami menilai tulang punggung teknologi yang kuat sangat penting," kata Lucas Kurniawan, Direktur Keuangan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk dalam keterangan tertulisnya.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha seputar produksi kelapa sawit dan sagu serta pembangkit listrik tenaga biogas, ANJ tentu membutuhkan penyimpanan data dan sistem informasi yang terintegrasi sehingga memungkinkan wawasan real-time untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.
Tujuannya adalah untuk menyediakan bisnis dengan akurasi data yang lebih tinggi untuk mempersingkat proses manual, meningkatkan pengumpulan data yang tepat waktu dan merampingkan operasi bisnis di seluruh perusahaan.

Melalui piranti lunak dari SAP S/4HANA, maka manajemen yang efektif dari data keuangan dan operasional akan segera memungkinkan. Selain itu, akan mengatasi keterbatasan ANJ dalam memiliki banyak proses dan upaya manual yang menyebabkan data yang tidak konsisten, sehingga berdampak pada waktu pengambilan keputusan.

Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk memberikan informasi yang lebih cepat dan akurat kepada para pemangku kepentingan.

Lucas menambahkan, pihaknya merasa bahwa kemampuan menyeluruh dari SAP S/4HANA dalam mendukung beragam jenis usaha, adalah pilihan yang tepat untuk bisnis kami yang tengah berkembang pesat.

"Sekarang, dengan kombinasi yang kuat dari solusi SAP S/4HANA ini, kami tentu akan dapat untuk terus menjalankan bisnis kami dengan mulus dan efektif. Kami tentu berharap bahwa hal ini akan mendukung upaya kami mencapai kinerja keberlanjutan, yang telah kami formulasikan dalam Pengembangan Bertanggung Jawab.  Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk menjadi perusahaan kelas dunia dalam hal pangan dan energi terbarukan," ujar dia.
  
SAP S/4HANA adalah generasi yang sama sekali baru dari SAP Business Suite yang ditandai dengan penyederhanaan, peningkatan efisiensi, dan fitur menarik seperti perencanaan dan pilihan simulasi dalam banyak transaksi konvensional. Selain kemampuan SAP S/4HANA, ANJ  juga akan memanfaatkan solusi manfaat SAP di bidang Akuntansi dan Pengendalian Keuangan, Manajemen Material, Perencanaan Produksi, Penjualan dan Distribusi, Pemeliharaan Tanaman dan Sistem Proyek untuk organisasi mereka.
 
Setelah evaluasi yang cermat atas proses seleksi vendor, ANJ memilih SAP karena catatan keberhasilan SAP dalam implementasi ERP, solusi real-time perusahaan yang dapat diakses dalam operasi jarak jauh mereka dengan koneksi VSAT dan solusi yang telah terbukti di industri perkebunan.
 
ANJ dapat berharap untuk mendapatkan informasi yang telah ditingkatkan yang akan membantu dalam pengambilan keputusan manajerial dan mendukung proses bisnis perusahaan. Perusahaan juga berharap bahwa solusi ini akan dapat melayani sebagai alat terpadu untuk mengendalikan dan memantau kegiatan rinci di perkebunan mereka, pabrik kelapa sawit, pengadaan barang dan keuangan.

Di Indonesia, SAP bekerjasama dengan partner lokal mereka, PT Wilmar Consultancy Services (WCS) untuk proyek ini.  Erry Tjuatja, Presiden Komisaris, PT Wilmar Consultancy Services, mengatakan, tuntutan bisnis yang tengah berkembang di Indonesia mendorong lebih banyak perusahaan setiap hari untuk beralih ke teknologi digital.

Megawaty Khie, Vice President dan Managing Director SAP Indonesia menuturkan, organisasi saat ini tidak dapat mencapai tujuan biaya, pendapatan dan arus kas tanpa menjadi terhubung.

"Perangkat lunak dari SAP akan membantu ANJ mengatur sumber daya mereka dan mengoptimalkan kerjasama di atas struktur bisnis mereka untuk mencapai tingkat baru dari efisiensi dan wawasan mengenai data real-time untuk pengambilan keputusan yang lebih efektif. Di SAP, kami merasa antusias untuk membantu bisnis beroperasi secara lebih menguntungkan dan berjalan lebih sederhana untuk mengatasi kompleksitas usaha. Kami percaya bahwa solusi dan dukungan layanan pelanggan SAP yang kuat dapat membantu untuk meningkatkan operasi pelanggan kami dengan membuat mereka lebih produktif, efisien dan selaras," kata dia.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016