Pontianak (Antara Kalbar) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat memastikan stok ayam potong dan daging sapi di provinsi tersebut saat Ramadhan dan Idul Fitri mendatang dalam keadaan aman atau mencukupi.

"Menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1437 H daging sapi atau ayam kita pastikan cukup dan masih tersedia stok sebagai cadangan," kata Kadisnakeswan Kalbar, Abdul Manaf Mustafa, di Pontianak, Jumat.

Abdul Manaf merincikan untuk kebutuhan sapi potong di Kalbar pada dua momentum, Ramadhan dan Idul Fitri diperkirakan sebanyak 4.065 ekor dan stok yang tersedia 5.479 ekor sehingga tersisa cadangan 1.414 ekor.

Sementara untuk ayam potong kebutuhannya sekitar 7,75 juta ekor dan stok yang tersedia 12,73 juta ekor sehingga ada stok yang tersisa sebanyak 4.98 juta ekor.

"Dengan stok yang melebihi kebutuhan maka masyarakat jangan panik dan tidak perlu khawatir. Saat ini kalau mau mengecek harga bisa langsung SMS ke 082226663322 dengan format harga#nama komoditas#nama kota atau kabupaten," kata dia.

Manaf menyampaikan prediksi harga di pasar saat Ramadhan dan Idul Fitri menurutnya untuk harga sapi potong diperkirakan Rp127 ribu per kilogram. Kemudian untuk ayam broiler sendiri Rp33 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga umumnya terjadi seminggu menjelang Idul Fitri dan lebih karena efek psikologis. Jadi pesan saya berbuat seperti biasa saja jangan panik sebab jika begitu bisa dimanfaatkan oleh oknum yang mencari kesempatan," kata dia.

Dia menambahkan, produk asal ternak berupa daging yang diperjualbelikan umumnya belum harus memenuhi aspek keamanan pangan sehingga pemerintah kota/kabupaten wajib melakukan pembinaan dan pengawasan pelayanan dasar.

"Pemkab harus memantau dan mengendalikan serta mengawasi lalu lintas hewan dan produksi asal hewan agar mudah dalam upaya pengendalian penyakit hewan menular strategis atau eksotik secara efektif dan efisien," kata dia.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016