Sambas, Kalbar (Antara Kalbar) - Kabupaten Sambas siap berpartisipasi pada ajang lomba nasional Wahana Tata Nugraha, kata Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika Kabupaten Sambas, Indra Gunawan.

"Lomba Wahana Tata Nugraha yang sasaran penilaiannya berkaitan dengan pelaksanaan transpotasi maupun tata lalu lintas. Lomba tersebut juga dalam rangka penilaian masalah kesiapan ketertiban, keselamatan hingga kenyamanan berlalu lintas," ujarnya di Sambas, Kamis.

Indra mengatakan tim lomba akan melakukan kunjungan langsung ke Kabupaten Sambas guna melakukan penilaian.

Menurutnya sebelum melakukan peninjauan langsung di lapangan tim terlebih dahulu akan mendapatkan paparan dari unit kerja terkait tentang persiapan Kabupayen Sambas dalam ajang Wahana Tata Nugraha itu.

"Indra menuturkan, peserta lomba itu seluruh Indonesia. Ada tiga kategori, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Kita dalam kategori kota kecil," katanya.

Dijelaskanya, sebagai ketentuan lomba adapun sasaran penilaian selain dari tempat parkir, taman parkir, kelengkapan dan keselamatan rambu lalu lintas juga akan ditilai keberadaan marka jalan, trotoar hingga fasilitas keselamatan berlalu lintas. Kemudian tidak hanya penilaian fisik, Indra menjelaskan peserta juga dituntut melengkapi persyaratan administrasi, termasuk katalog atau rencana induk.

Penilaian WTN meliputi penilaian administrasi, terdiri dari perencanaan, angkutan, pendanaan, prasarana, kelembagaan dan peraturan perundang-undangan, lalu lintas, sumber daya manusia dan lingkungan. Kemudian teknis dan operasional meliputi, sarana, prasarana, lalu lintas, dan pelayanan kepada masyarakat, komitmen Kepala Daerah, serta penilaian kebijakan dan komitmen pemerintah daerah dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan.

Indra berharap dengan sejumlah keaiapan yang ada dan fasilitas di lapangan yang sudah memadai, pihaknya berharap Sambas bisa masuk tiga besar diajang lomba tersebut.




(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016