New York  (Antara Kalbar) - Pemadam kebakaran, Minggu, berjuang untuk memadamkan kebakaran liar yang menjalar dengan cepat dan telah menewaskan setidaknya satu orang, menghancurkan 18 rumah, menutup jalan tol dan memaksa ratusan orang dievakuasi dari bagian utara Los Angeles.

Kebakaran itu menjalar ke area seluas 8.900 hektar atau lebih dari 88 kilometer persegi dalam semalam, diperbesar oleh angin kencang dan kondisi kering setelah kemarau selama bertahun-tahun.

Kejadian itu memberikan ancaman terhadap sejumlah masyarakat di dekat Santa Clarita, yang berlokasi di luar Hutan Nasional Los Angeles, Departemen Kepolisian Los Angeles mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kebakaran lain di lahan seluas 4.155 hektar juga membara di sebuah wilayah pantai di Monterey, yang terletak 480 kilometer ke arah barat laut Santa Clarita. Hal itu memicu pihak berwenang untuk memperluas perintah evakuasi terhadap sejumlah warga pada Minggu sore, ujar juru bicara Departemen Perhutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire) Amber Anderson.

Satu orang mengalami luka ringan dan sebuah bangunan rusak berat, kata Anderson.

Kebakaran yang terjadi di Santa Clarita, yang pertama kali dilaporkan pada Jumat siang, telah menyebabkan setidaknya 1.500 orang meninggalkan tempat tinggal mereka dan telah menghancurkan setidaknya 18 rumah, Dinas Kebakaran Los Angeles mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Seluruh warga yang terkena dampaknya, sekitar 65 kilometer ke arah barat laut dari pusat Kota Los Angeles, berada di atau sekitar Pegunungan San Gabriel. Wilayah itu dipenuhi dengan sejumlah rumah mewah.

Sekitar 100 bangunan komersial yang terletak di jalur kebakaran itu mendapatkan perintah wajib evakuasi, para pejabat dinas kebakaran mengatakan.

Dinas Kebakaran Los Angeles mengunggah sebuah kicauan dalam akun Twitter mereka pada Minggu siang yang menyebutkan bahwa "gerakan angin yang tidak diperkirakan" memaksa para pejabat untuk membatalkan sebuah rencana untuk mengizinkan para penduduk untuk kembali memasuki sejumlah wilayah. "Seluruh evakuasi masih diberlakukan," departemen itu mengatakan.

Patroli Jalan Tol California juga menulis dalam akun Twitternya bahwa Jalan Tol 14 ditutup dua arah dikarenakan ancaman kebakaran itu.

Sisa-sisa jenazah seseorang yang tidak dapat dikenali ditemukan pada Sabtu malam di dalam sebuah kendaraan yang hangus di jalur kebakaran itu. Penyebab kematian yang sebenarnya belum dapat dipastikan, ujar pejabat dinas kebakaran.

Mereka menambahkan bahwa mereka memperkirakan kondisi panas ekstrim, angin kencang dan wilayah yang tidak rata akan terus mengganggu usaha lebih dari 1.600 orang pemadam kebakaran yang berjuang memadamkan api itu.

Kebakaran itu baru dapat ditangani sekitar sepuluh persen pada Minggu dan penyebabnya masih dalam penyelidikan.

"Ini merupakan tahun kelima keadaan kemarau berkepanjangan, jadi kami mendapatkan kebakaran yang sangat ekstrim. Itu bukanlah keadaan normal," Daryl Osby, Kepala Dinas Kebakaran los Angeles mengatakan dalam sebuah konferensi pers pada Minggu siang.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016