Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sambas Hairiah memantau langsung kondisi lokasi kebakaran di Pasar Sungai Baru, Sambas, yang menghanguskan 36 ruko.

"Saya dan Bupati Sambas turut berduka atas musibah ini. Melalui dinas terkait, kami akan bantu korban kebakaran ini," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Dikatakannya, sesuai arahan Bupati Sambas agar pihak desa dan dibantu pihak kecamatan menginventarisasi korban jiwa dan materi, termasuk menemukan penyebab kebakaran.

Baca juga: 36 Ruko Pasar Sungai Baru Sambas Ludes Terbakar

"Saya perintahkan juga agar desa dan aparatur kecamatan dibantu tokoh masyarakat setempat segera membangun posko, dapur umum, dan meminta masyarakat tetap semangat melanjutkan hidup," tuturnya.

Ia berharap anak-anak tetap bersekolah, tidak larut dalam kedukaan. Pihaknya tetap memberikan semangat terutama kepada korban agar sabar, tabah, dan berbaik sangka dengan kejadian musibah itu.

Ia memastikan pemerintah akan tetap hadir. Terkait musibah yang terjadi berupa harta yang terbakar menurutnya bisa dicari dan terpenting saat ini harus tetap dan patut bersyukur masih diberi keselamatan jiwa dan raga.

Kunjungan langsung wakil bupati yang sekaligus berkoordinasi dengan pemerintah desa dan pihak kecamatan tersebut didampingi Dinas Perhubungan, Bagian Humas PDE dan Sandi, Polisi Pamong Praja dan pihak Kecamatan Teluk Keramat.

Sementara itu Kepala Desa Sui Baru, Kecamatan Teluk Keramat, Sudarto memaparkan kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Ada 36 pintu rumah toko terbakar, empat pintu rumah warga hangus, dan satu orang luka ringan.

"Untuk penyebab kebakaran kami masih menunggu penyelidikan," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016