Pontianak (Antara Kalbar) - Lembaga Swadaya Masyarakat Sampan Kalimantan Barat bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup RI memberikan bantuan pengelolaan produk perikanan kepada masyarakat pesisir yang ada di Kubu Raya.
"Kami bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI memberikan bantuan peralatan pengolahan makanan bagi masyarakat pesisir. Ini juga menjadi salah satu program memberikan penguatan kelembagaan masyarakat peduli api di sekitar pesisir yang ada di Kubu Raya," kata Program Officer Penguatan Kelembagaan Masyarakat Peduli Api, Sampan Kalbar, Singlum di Sungai Raya, Rabu.
Dia menjelaskan, ada 15 desa di Kabupaten Kubu Raya, khususnya di Kecamatan Batu Ampar dan Sungai Raya. Tujuannya, dengan bantuan itu, mereka bisa lebih tanggap dalam pencegahan dan pemadaman dini dari bencana kebakaran.
"15 desa itu ada di kecamatan Batu Ampar, kecuali Desa Tanjung Beringin, kemudian satu lagi ada di Desa Mekar Sari, Kecamatan Sungai Raya," tuturnya.
Singlum menambahkan, bantuan itu juga bertujuan memberdayakan masyarakat, agar bisa mengurangi aktivitas pembakaran lahan, dimana 15 desa pesisir ini diketahui selama ini banyak aktivitas pembakaran lahan.
"Adapun peralatan yang diberikan di antaranya, penggiling kopi, alat pengolah perikanan dan peralatan produksi lainnya," katanya.
Dia berharap, bantuan peralatan itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh kelompok masyarakat penerimanya, agar perekonomian masyarakat bisa meningkat.
Singlum menambahkan, selama ini Sampan fokus pada pemberdayaan masyarakat pesisir di Kalbar. Tidak hanya di Kubu Raya, tetapi juga di Kapuas Hulu, Ketapang, Melawi dan Mempawah.
"Kita telah mendampingi masyarakat sejak 2012, sampai sekarang kita masih tetap fokus dalam untuk pengembangan kawasan pesisir," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016