Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat mengajak segenap lapisan masyarakat untuk bisa lebih menghargai setiap jasa dan pengorbanan para pahlawan dengan terus berkreatifitas dalam mengisi pembangunan.

"Sebagai generasi penerus bangsa, sudah merupakan suatu kewajiban untuk meneruskan perjuangan itu. Tentu saja bentuk perjuangan itu harus disesuaikan dengan keadaan zaman dan kemampuan kita masing-masing," kata Christiandy usai kegiatan Upacara Apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka peringatan Hari Ulang tahun (HUT) ke-71 RI di di Kubu Raya, Rabu.

Dia mengatakan, sebagai generasi penerus semua berkewajiban mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang berguna, demi mencapai kemajuan bangsa.

Upacara Apel kehormatan dan renungan suci digelar pukul 00.00 WIB, Rabu (17/8) di Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya Jalan Adisucipto Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Upacara yang diawali dengan laporan komandan upacara Mayor Tek Zulkifli kepada Inspektur Upacara Danlanud Supadio Marsekal Pertama Tatang Herlyansyah itu, kemudian dilanjutkan dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, pembacaan naskah Apel Kehormatan dan renungan suci oleh inspektur upacara.

Seperti biasa, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan mengheningkan cipta, penyalaan obor, dan pembacaan doa dan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Upacara yang digelar setiap tahunnya pada tanggal 17 Agustus dini hari tersebut diikuti Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya, Danlantamal Brigjen TNI Mar M.Hari, Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi, dan Kapolda Kalbar Brigjen Pol Musyafak.

"Apel kehormatan dan renungan suci merupakan salah satu cara kita untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia ini. Sekaligus mendoakan arwah para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga agar diberikan tempat dan ganjaran yang layak oleh Tuhan Yang Maha Esa," tambah Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi

Sedangkan pasukan yang terlibat dalam upacara selain TNI dan Polri adalah berasal dari Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalbar, Korpri Unit TNI, Korpri Provinsi Kalbar, Mahasiswa STPDN dan Pramuka.






(U.KR-RDO/T011)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016