Pontianak (Antara Kalbar) - Pangkalan Utama TNI AL XII memperkuat pengumpulan data intelijen maritim serta kegiatan keamanan laut terbatas seiring diresmikannya gedung Pos Pengamat (Posmat) Pemangkat di Desa Banjar Kuala, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Kamis.

Kadispen Lantamal XII Kapten Laut (KH) Sitho P Yudhoajie menuturkan, peresmian dilakukan oleh Danlantamal XII Brigjen TNI (Mar) M Hari didampingi Ketua Korcab XII DJAB Jani Susiati M Hari.

Ia mengatakan, Danlantamal XII dalam sambutannya menyampaikan keberadaan Posmat Pemangkat sebagai salah satu unit kerja kepanjangan "mata dan telinga" Lantamal XII dalam mengemban tugas dan fungsi pengamatan dan penginderaan aspek maritim, pengawasan, deteksi dan monitoring kegiatan di wilayah kerjanya terkait pengumpulan data intelijen maritim serta kegiatan keamanan laut terbatas.

Guna mendukung kelancaran tugas dan fungsi tersebut, telah dilaksanakan upaya perbaikan bangunan Posmat Pemangkat secara bertahap yang lebih representatif.

Selanjutnya, dalam kondisi sarana prasarana yang lebih baik akan membawa implikasi yang signifikan dalam peningkatan kinerja pengawak Posmat menjadi lebih optimal. "Pengawak Posmat agar terus meningkatkan koordinasi, komunikasi dan jalinan kerja sama dengan instansi TNI/Polri, pemerintah daerah dan masyarakat setempat sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan," ujar dia.

Sementara Atong, perwakilan dari pengusaha perikanan Pemangkat mengatakan partisipasi mereka dalam pembangunan gedung Posmat Pemangkat sebagai wujud bela dan cinta negara dengan ikut berpartisipasi menghibahkan gedung yang dijadikan sebagai Pos Pengamat TNI AL guna menjaga kedaulatan perairan NKRI.

"Pembelaan negara merupakan suatu kewajiban kita sebagai warga negara, oleh sebab itu semakin kita cinta terhadap kehidupan negeri ini maka berarti rasa nasionalisme pun ikut bertambah," ujar dia.

Dalam acara peresmian gedung Posmat Pemangkat, Danlantamal XII menandatangani prasasti renovasi Posmat, dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan kepada panitia renovasi pembangunan Posmat, penyerahan plakat Lantamal XII. Danlantamal juga menerima cinderamata dari Direktur PT Usaha Jaya Putra Sundjoyo Atong, dilanjutkan penguntingan pita oleh Ketua Korcab XII DJAB serta meninjau ruangan Posmat Pemangkat.

Turut hadir acara peresmian gedung Posmat Pemangkat tersebut, Laksamana Pertama TNI Teguh Widodo, Asisten Operasi Danlantamal XII dan Asisten Intelijen Danlantamal XII, Danpomal Lantamal XII, Danyonmarhanlan XII dan Dansatkamla Lantamal XII, Pengurus Korcab XII DJAB, Wakil Bupati Sambas Hairiah, Danlanud Singkawang II, Kapolres Sambas, Kajari Sambas serta Instansi unsur Maritim Sambas.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016