Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mensinergikan berbagai program pembangunan dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dinilai dapat menghemat anggaran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik dalam bidang ekonomi maupun transportasi, khususnya dalam pembangunan desa.

"Program TMMD ini, secara nyata dapat menyatukan masyarakat dengan TNI dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, menambah keharmonisan yang tercipta, seakan-akan mengatakan bahwa tentara dan rakyat adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan," kata Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus saat menjadi inspektur upacara pembukaan TMMD di Desa Jawa Tengah, Selasa.

Menurutnya, keharmonisan tersebut sudah terlihat dalam pelaksanaan TMMD Reguler ke-97 yang dilaksanakan Oleh Kodim 1207 BS Dalam pembangunan jalan, Rumah, maupun Jamban yang dilaksanakan di Desa Jawa Tengah, Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, yang akan dilaksanakan selama 30 hari.

Dalam setiap pelaksanaan TMMD, selalu terbukti dapat menghemat anggaran yang cukup besar karena dalam pelaksanaan pembangunan selalu dikerjakan secara gotong royong antara masyarakat dan TNI serta Instansi Pemerintahan yang turut andil didalamnya. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat juga akan turut berpengaruh dengan membaiknya infrastruktur Desa.

Selain pembangunan fisik, pembangunan segi non-fisik juga akan dilaksanakan dengan sasaran Pemberantasan buta aksara, penyuluhan wawasan kebangsaan, Penyuluhan Kesehatan dan bahaya narkoba dan masih banyak yang lain.

"Diharapkan melalui kegiatan tersebut dapat menginspirasi masyarakat untuk terus melanjutkan spirit membangun daerah," tuturnya.

Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus bertindak sebagai inspektur upacara dalam pembukaan TMMD di Desa Jawa Tengah Kabupaten Kubu Raya. Hermanus mengharapkan agar sinergisitas yang telah terbangun antara Pemerintah Kubu Raya dengan TNI dalam upaya percepatan pembangunan dan peningkatan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat Kubu Raya.

"Kami pemerintah sangat menyambut baik program ini dilaksanakan di daerah kita, terlebih kegiatannya adalah menyangkut pengerjaan infrastruktur secara gotong royong dengan masyarakat. Ini selaras dengan program utama kita dalam peningkatan jalan-jalan poros di Kabupaten Kubu Raya," ujar Hermanus. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016