Mempawah (Antara Kalbar) – Sebanyak 90 unit kendaraan motor dinas  bhabinkamtibmas diserahkan  langsung oleh Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, S.Ik kepada anggota bhabinkamtibmas di halaman Mapolres Mempawah.

Penyerahan 90 unit pendukung operasional tersebut diharapkan menjadi sarana yang dapat menunjang kinerja  para bhabinkamtibmas. Kendaraan yang dibagikan berupa motor  merk Honda Verza warna abu-abu dengan isi selinder 150cc  dan kelengkapan yang diberikan baik jaket,  toa, helm serta boks.

"Mungkin  rekan-rekan tidak selamanya jadi bhabinkamtibmas. Kalau sudah selesai harus dikembalikan," kata  Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, S.Ik.
 
 Dari 90 unit jatah pembagian sarana penunjang operasional bhabinkamtibmas itu, satu diantaranya diserahterimakan kepada anggota polwan. Fasilitas yang menjadi penunjang operasional bhabinkamtibmas itu diharapkan semakin mempermudah gerak anggota menyambangi berbagai daerah atau medan yang menjadi kewenangan atau wilayah hukum polres Mempawah.

Kepada seluruh personil bhabinkamtibmas diinstruksikan minimal mengetahui desa yang dikunjungi, baik  jumlah kepala keluarga (KK) baik jumlah penduduk laki-laki, perempuan  dan pengangguran berapa. "Itulah peran bhabinkantibmas, maka  harus aktif, sampaikan info apapun, sekecil apapun," ujar Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, SIk.
 
Lebih lanjut Kapolres menekankan kepada seluruh personil bhabinkamtibmas untuk menguasai wilayahnya. Ibarat jarum jatuh saja, setidaknya bhabinkamtibmas harus tahu, apalagi ada permasalahan.
 
Saat ini persoalan karhutla menjadi atensi polres Mempawah, disamping itu anggota harus mengetahui  tugas pokok masing-masing.  Para bhabinkamtibmas ini memiliki masing-masing desa binaan dan memiliki fungsi masing-masing. Mereka bisa membimbing dan menyuluh dibidang hukum dimana bhabinkamtibmas untuk meningkatkan kesadaran hukum dan menjunjung tinggi HAM.
   
Kemudian menyebarluaskan terkait kebijakan pimpinan Polri terkait pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat lainnya.
   
"Memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan dan menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersikap positif secara optimal tentu bisa menjadikan personil bhabinkamtibmas itu menjadi figur di masyarakat," kata kapolres.
 
Terpenting ia menekankan tugas para bhabinkamtibmas untuk berkoordinasi mengupayakan kamtibmas dengan perangkat desa baik kepala desa, babinsa dan lain sebagainya. Selain itu, bhabinkamtibmas juga memiliki tugas pokok yakni melakukan pembinaan masyarakat, melakukan deteksi dini dan melakukan mediasi serta negosiasi agar tercipta suasana kondusif di desa binaan.
   
Kemudian bisa melaksanakan konsultasi, negosiasi, mediasi dan memfasilitasi dan memberikan motivasi kepada masyarakat terkait harkamtibmas kepada masyarakat dalam memecahkan masalah dan kejahatan sosial.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016