Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D.Hadad mengapresiasi Gubernur Kalbar, Cornelis yang sudah berkomitmen penuh dalam peningkatan kinerja Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar selama ini.

"Sangat jarang kita temukan kepala daerahnya seperti Gubernur Kalbar yang menjadi orang yang berperan penting untuk kemajuan Kalbar baik dalam penyertaan modal Provinsi Kalbar dan mendorong Pemkab se Kalbar untuk berperan aktif memajukan BPD," ujarnya dalam memberikan sambutan pada acara sosialisasi transformasi BPD yang digelar Bank Kalbar di Kantor Gubernur Kalbar, Senin.

Dikatakannya bahwa peran kepala daerah merupakan hal penting bagaimana suatu BPD itu bisa maju atau sebaliknya. Untuk BPD sudah selayaknya menjadi tuan rumah di daerah sendiri.

"Saya mendorong bagaimana BPD bisa menjadi tuan rumah di daerah masing- masing demi kemajuan daerah tersebut juga," tuturnya.

Ia menambahkan agar ke depan BPD terus maju dan mampu bersaing dengan bank umum atau BPR serta lainnya harus bagaimana meningkatkan SDM.

"SDM harus profesional. Selain itu pemanfaatan teknologi juga harus terus diperbarui. Kemudian terpenting lagi modal harus besar dan soal modal ini kembali komitmen pemda itu," terangnya.

Muliaman mengatakan saat ini di Indonesia total aset BPD sudah mencapai Rp539 triliun. Menurutnya dari angka tersebut sudah sangat besar.

"Potensi BPD ke saat ini sudah jauh besar tinggal dimaksimalkan saja. Saya yakin jika kepala daerahnya komitmen maka BPD akan maju," kata dia.


Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016