Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat, Syahrul Yadi menyatakan bersyukur karena dalam pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji asal Kalimantan Barat tahun ini berjalan lancar tanpa hambatan berati.

"Alhamdulillah tahun ini kita bersyukur mulai dari keberangkatan hingga tiba kembali di Kalbar, jamaah haji kita dalam keadaan baik dan di sana tanpa kendala berarti jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ucapnya di Pontianak, Selasa.

Syahrul menjelaskan indikator tanpa kendala dalam haji yang lancar yakni mulai dari penginapan, makan dan tranportasi di tanah suci hingga kini tidak ada laporan yang bermasalah.

"Soal cuaca juga yang sebelum keberangkatan kita khawatirkan sangat tinggi di atas 40 derajat Celcius ternyata di bawah itu. Ini merupakan juga faktor lancarnya proses haji asal Indonesia termasuk Kalbar," ujarnya.

Dikatakannya dari total 1.860 jumlah jamaah asal Kalbar, satu di antaranya menghadab Allah SWT yakni jamaah asal Sanggau di usia 60 tahun. Sementara untuk yang sakit hanya beberapa dan ia berharap hingga waktu kepulangan nanti bisa bersama- sama datang ke Kalbar.

"Insya Allah tanggal 28 September 2016 Jamaah asal Kalbar terbang dari Jeddah ke Emberkasi Batam. Tanggal 29 September 2016 akan tiba di Pontianak," terangnya.

Sementara untuk kuota haji tahun 2017 sebagai wacana di Indonesia akan ada penambahan 10 ribu jamaah.
"Informasi dari Kemenag secara resmi belum ada hanya baru wacana saja dan mudahan itu benar sehingga kuota haji tahun depan bertambah," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016