Sanggau (Antara Kalbar) - Kodim 1204 Sanggau melaksanakan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke-97 yang dipusatkan di Desa Bagan Asam, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau.
   
Saat itu digelar juga sunatan massal bagi anak-anak dan pemasangan alat kontrasepsi bagi ibu-ibu, yang merupakan program KB Kesehatan.  Dandim 1204 Sanggau, Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, didampingi Kabid Keluarga Sejahtera Drs H Hairudin, Camat Toba Zamain S Ip, Pasiter Kodim 1204 Sanggau Kapten Inf Eko Prabowo, Kepala Desa Bagas Asam Liliapati serta sejumlah tokoh masyarakat menghadiri kegiatan itu.
   
Dandim 1204 Sanggau melaksanakan peninjauan lokasi KB Kes serta pertemuan dengan ibu-ibu warga Desa Bagan asam.
   
Dandim 1204 Sanggau, Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa mengungkapkan, KB ini merupakan program pemerintah bertujuan mengurangi lajunya pertumbuhan kelahiran.
   
"Jika pertumbuhan anak tidak seimbang dengan pertumbuhan pangan. Maka akan terjadi krisis pangan, yang bisa menjadi ancaman besar buat rakyat," ujarnya.
   
Dijelaskan, dengan melaksanakan program KB Kes maka ibu-ibu cukup mempunyai dua anak. Tujuannya agar nantinya dengan dua anak tersebut, ibu-ibu dapat memaksimalkan untuk masa depan mereka.
   
"Para orang tua harus mampu membiayai sekolah anak sampai ke perguruan tinggi, agar dapat menyesuaikan atau mengikuti perkembangam zaman dan daya saing yang ada saat ini," jelasnya.
   
Sementara, Kabid Keluarga Sejahtera Drs H Hairudin memaparkan perlunya ibu-ibu ikut dalam KB dan mengajak ibu-ibu mengikuti program KB dua  anak cukup. "Nah, agar tercipta keluarga kecil, keluarga bahagia sejahtera dan menciptakan anak-anak yang cerdas," ujarnya.
   
Saat itu dilaksanakan juga prosesi peresmian pembukaan TMMD Reguler Ke- 97 Kodim 1204 Sanggau Tahun 2016. Kemudian, dilaksanakan juga pembagian hadiah dan doorprize terhadap ibu- ibu yang dapat menjawab pertanyaan yang di berikan panitia KB Kes tersebut.
   
Kemudian penyerahan bantuan oleh Dandim 1204 Sanggau kepada guru SD Negeri I Bagan Asam berupa pompa air dan tong air. Dilaksanakan juga peninjauan perehaban gereja STA Bundha Maria dan gereja KGBI serta Kantor Balai Desa Bagan  Asam serta pembangunan surau di Dusun Mentuak.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016