Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali meminta kepala satuan kerja perangkat daerah di lingkup pemerintah kabupaten setempat tidak hanya mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi tetapi juga harus bisa berinovasi.

"Saya meminta kepala SKPD tidak terjebak dengan tugas-tugas rutin, tetapi harus mampu membuat terobosan dan inovasi dalam pembangunan," katanya di Sungai Raya, Jumat.

Selain itu, kepala SKPD harus mampu melahirkan ide-ide cerdas dan jangan menunggu perintah dari atas.
"Saya minta satu SKPD harus satu inovasi untuk melakukan perubahan dalam bentuk pelayanan. Ide yang dilahirkan itu juga harus memiliki dasar yang kuat," tuturnya.

Selanjutnya, SKPD diimbau untuk memacu kegiatan dan program pembangunan tahun anggaran 2016.
Kegiatan tersebut harus ditinjau ke lapangan, jangan hanya percaya dengan laporan Pimpinan Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

"Kegiatan yang telah selesai fisik dan administrasinya segera buat berita acara penyerahan hasil dari PPTK kepada kepala SKPD," katanya.

Kemudian, lanjut Rusman Ali, kepala SKPD menyerahkan kepada Pemerintah Daerah. Terkait dengan hal ini, ia mengingatkan SKPD supaya membuat laporan kegiatan sesuai dengan kondisi di lapangan, tegasnya.
Dirinya juga meminta kepada setiap SKPD agar memiliki kotak saran atau kotak pengaduan.

"Kotak saran inilah yang dimanfaatkan Ombudsman untuk melakukan penilaian disamping berdasarkan laporan dari masyarakat," kata Rusman Ali.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016