Singkawang (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang telah menyiapkan penginapan untuk kebutuhan para kontingen kabupaten/kota selama mengikuti rangkaian perlombaan Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke-XI yang dipusatkan di kota setempat.

Ketua panitia FSBM XI, Syech bandar mengatakan, penginapan yang dimaksud antara lain, Astina Graha, Hotel Khatulistiwa, Hotel Mitra Tanjung, Sinar Khatulistiwa, dan tujuh Homestay yang ada di Kota Singkawang.

"Total semuanya ada 11 penginapan," kata Bandar, Minggu.

Saat ini, ujar Bandar, panitia FSBM masih menunggu konfirmasi para kontingen untuk melakukan registrasi.

"Sementara ini, baru ada beberapa kabupaten yang sudah melakukan registrasi, antara lain, Sintang, Sanggau, Sambas, Melawi, Bengkayang, Kapuas Hulu, dan Landak," ujarnya.

Dia meyakini, semua kabupaten/kota yang ada di Kalbar bakal ikut andil dalam FSBM yang akan digelar di Singkawang selaku tuan rumah.

"Terkecuali Kayong Utara, karena di sana juga ada even besar," katanya.

Sekretaris Daerah Kota Singkawang ini berharap pelaksanaan FSBM dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Sehingga, dia selaku ketua mengingatkan panitia untuk bersikap jujur, obyektif, transparan dan profesional.

"Dalam artian, jangan mentang-mentang kita tuan rumah, apapun kita intervensi guna memenangkan perlombaan itu. Jangan sampai itu panitia lakukan," katanya.

Disisi lain, Bandar optimis jika kontingen Singkawang bisa meraih juara umum pada FSBM tersebut.

"Tapi juara umum yang saya maksudkan adalah kemenangan yang betul-betul jujur, obyektif, transparan dan profesional," katanya.

Menurut Bandar, ada tiga tangkai lomba yang kiranya dapat dimenangkan kontingen Singkawang dalam FSBM. Antara lain, lomba lagu melayu, seni hadrah dan tari jepin.

"Saya yakin tiga tangkai ini Singkawang bisa meraih juara. Mudah-mudahan bisa disusul dengan tangkai-tangkai lomba lainnya," harap Bandar. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016