Pontianak  (Antara Kalbar) - Sebanyak 2.361 peserta mengikuti kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Kalimantan Barat ke-8 yang dilaksanakan di kawasan Sabang Merah, Kabupaten Sanggau.

"Kegiatan Pesparawi ini merupakan pesta iman yang menjadi salah satu bentuk ibadah dan rasa syukur kepada Tuhan sekaligus sebagai wadah pembinaan mental dan spiritual bagi umat Kristiani, dimana pada kegiatan ini diikuti oleh 2.361 peserta dan official," kata Ketua kegiatan Pesparawi ke-8, Yohanes Ontot di Sanggau, Rabu.

Dia merincikan, dari 2.361 peserta tersebut, terdiri atas 2.081 peserta dan 280 tim official dimana para peserta tersebut akan mengikuti 14 cabang lomba dan beberapa kegiatan lainnya yang dilaksanakan dari tanggal 25 sampai 29 Oktober 2014.

Kegiatan itu juga dimaksudkan untuk menggali bakat-bakat musik dari umat Kristiani agar bisa terus melakukan pujian kepada Tuhan, sesuai dengan tema kegiatan tersebut,

Ditempat yang sama, Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada Pemprov Kalbar yang telah menunjuk kabupaten yang dipimpinnya itu sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Pesparawi ke-8 tingkat Kalbar tersebut.

Dia mengatakan, kegiatan yang sudah menjadi rutinitas tiap tiga tahun sekali itu, sudah menjadi keharusan untuk dikemas, didukung, dan di sukseskan dengan baik. Terkait hal itu, pihaknya mencoba mengemas Pesparawi ke-8 dengan semaksimal mungkin.

"Jika ada berbagai kekurangan, kami mewakili pemerintah Sanggau mengucapkan permohonan maaf. Namun, kami yakin para peserta dapat menikmati keindahan alam lokasi pembukaan dan penutupan kegiatan ini, karena sudah kita tata sedemikian rupa, mengingat kawasan ini juga nantinya akan menjadi salah satu kawasan wisata andalan di Sanggau," katanya.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya mengatakan dirinya sangat takjub melihat keindahan lokasi pembukaan Pesparawi yang dilaksanakan di Sanggau tersebut.

"Yang membuat saya lebih terkesima adalah, ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya, di alam terbuka yang indah seperti ini dan diiringi oleh penyanyi gereja, membuat lagu kebangsaan kita ini begitu luar biasa. Ini sangat indah, seperti di Surga," kata Christiandy.

Dia berharap, kegiatan itu bisa berjalan dengan lancar dan dapat melahirkan juara yang dapat mewakili Kalbar pada kegiatan serupa di tingkat Nasional.

"Kebetulan kegiatan Pesparawi tingkat Nasional ini akan dilaksanakan di Kalbar pada tahun 2018. Untuk itu, Pesparawi tingkat provinsi ini diharapkan dapat melahirkan juara yang bisa memberikan juara juga bagi Kalbar pada kegiatan Nasional tahun depan," kata Christiandy.

(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016