Kubu Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kubu Raya terus mendorong percepatan penyelesaian tapal Batas wilayah didaerah itu, baik antar desa dalam kecamatan, antar kecamatan dan antar kabupaten/kota.

"Sebagaimana diketahui bahwa Kubu Raya terus mengalami pertumbuhan kemajuan dan perkembangan wilayah yang berdampak pada pemekaran wilayah-wilayah baru yang berakibat pada batas-batas wilayah," kata Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus di Sungai Raya, Kamis.

Hermanus mengatakan pihaknya terus berupaya melakukan penyelesaian batas-batas wilayah tersebut dan saat ini proses terus berjalan. Ada beberapa yang sudah selesai dan masih ada juga yang dalam proses.

Dia mengharapkan agar masyarakat bersabar dan mendukung kerja Pemerintah dalam menuntaskan menyelesaikan batas-batas wilayah di Kubu Raya.

"Jadi, mengenai batas wilayah ini, kita sudah melakukan banyak hal dan sudah banyak juga yang sudah selesai. Harus dipahami bahwa menyelesaikan tapal batas tidak semudah yang dibayangkan, karena ada proses dan prosedur yang harus kita lalui," tuturnya.

Hermanus menambahkan, dalam penyelesaian masalah tapal batas, juga ada tahapan-tahannya, mulai dari penelitian dokumen, pelacakan batas, pengukuran dan penentuan titik koordinat, pemasangan pilar batas dan pembuatan peta batas yang dituangkan dalam keputusan bupati.

Hermanus menjelaskan saat ini pemerintah sudah melakukan identifikasi seluruh batas wilayah di Kubu Raya baik batas Desa, Kecamatan dan Batas Kabupaten. Ia mengharapkan agar selalu ada progress dari semua dokumen yang sudah dikumpulkan dan diteliti, dari batas-batas wilayah yang sudah terlacak dan seterusnya.

"Dari upaya-upaya yang sudah dilakukan pemerintah sudah banyak batas wilayah yang sudah ditetapkan dalam keputusan bupati setelah melalui tahapan-tahapan yang sudah dilakukan. Memang belum semua selesai, tapi kita kerja terus, hingga semua batas wilayah kita bias tuntas," kata Hermanus.

Sementara itu, Kepala bagian Pemerintahan Sekretariat daerah kubu Raya Amini Maros menegaskan bahwa saat ini sudah banyak batas wilayah yang sudah selesai, baik batas desa, Batas kecamatan hingga batas kabupaten Kubu raya dengan kabupaten lain di Kalimantan Barat.

Sebagaimana diketahui Kubu Raya berbatasan langsung dengan Ketapang, Kayong Utara, Landak, Sanggau, Mempawah dan Kota Pontianak.

"Batas-batas wilayah kita sudah banyak juga yang sudah selesai, sebagian masih dalam tahap penelitian, pengukuran dan pemasangan titik koordinat," tuturnya.

Bahkan batas wilayah dengan Kabupaten Lain yang sudah ada yang ditetapkan dalam permendagri di antaranya batas dengan Ketapang, Kayong Utara sementara Sangau, Landak, Mempawah dan Kota Pontianak masih menunggu rekomendasi Provinsi," kata Amini Maros.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016