Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kubu Raya kembali menoreh penghargaan tingkat nasional. Kali ini, Kubu Raya menjadi satu-satunya kabupaten di Kalimantan Barat yang mendapatkan nilai kepatuhan terbaik dalam pelayanan publik di Indonesia dan menerima penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI.

"Alhamdulillah Kubu Raya kembali menerima penghargaan tingkat nasional. Hari ini, saya baru saja menerima penghargaan dari Kepala Ombudsman RI di Jakarta," kata Bupati Kubu Raya Rusman Ali saat menerima penghargaan tersebut dari Kepala Ombudsman RI di Jakarta, Rabu.

Yang lebih membanggakan, kata dia, Kubu Raya adalah satu-satunya Kabupaten di Kalimantan Barat untuk layanan terbaik se-Indonesia dan mampu mempertahankan predikat tersebut dua tahun berturut-turut

Dia mengatakan, penghargaan itu didapat berdasarkan atas penilaian dari Ombudsman RI terkait kinerja pemkab Kubu Raya.

"Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh SKPD dan PNS yang ada di Kubu Raya, karena tanpa kerja keras mereka, tentu penghargaan ini tidak akan kita dapatkan dan bisa kita pertahankan," tuturnya.

Rusman Ali menambahkan, penghargaan dari Ombudsman itu merupakan penanda positif bahwa pelayanan publik di Kubu Raya saat ini sudah maksimal dan dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat.

"Kita berbangga mendapat apresiasi dari pihak Ombudsman. Namun di sisi lain penghargaan ini mesti menjadi pemacu semangat bagi jajaran Pemerintah Kubu Raya untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Ke depan, kata Rusman Ali, pihaknya akan terus bekerja keras memaksimalkan layanan kepada masyarakat agar bisa mempertahankan prestasi yang telah didapat saat ini.

Predikat terbaik yang didapat Kubu Raya adalah dari hasil perolehan nilai dari 58 jenis layanan di Seluruh Kubu Raya yang menjadi sasaran penilaian oleh Ombudsman sejak bulsn 5 2016.

Wakil Presiden Yusuf Kalla yang didaulat memberi arahan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang menerima penghargaan penyampaian predikat kepatuhan itu merupakan salah satu bentuk apresiasi atas usaha peningkatan kualitas pelayanan publik di tingkat unit layanan di daerah masing-masing.

Dijelaskan Yusuf Kalla bahwa Gubernur, Bupati/Walikota harus terus berupaya memberi layanan yang cepat, mudah dan murah serta berkualitas kepada masyarakat.

"Saya meminta kepada seluruh daerah yang mendapatkan penghargaan ini agar bisa meningkatkan layanan birokrasi dan melakukan transparansi kepada masyarakat. Karena, sudah saatnya birokrasi kita menjadi birokrasi yang turun tangan untuk menggiatkan peningkatan kualitas pelayanan publik," katanya.

Untuk Kalimantan Barat bersama Kubu Raya untuk Kategori Kota adalah Kota Singkawang dan Kota Pontianak.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016