Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus memberikan pelatihan kepada para tenaga pengajar yang ada disana sebagai upaya peningkatan kapasitas dan kualitas pendidikan di kabupaten itu.
"Dari Pemkab Kubu Raya sendiri juga sering menggelar beberapa pelatihan kepada para guru, sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten ini," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Frans Randus di Sungai Raya, Minggu.
Salah satu contoh, katanya, kegiatan workshop pendidikan guru yang dilaksanakannya pada Sabtu sore kemarin.
"Kegiatan ini bertujuan agar semua guru di daerah ini mendapatkan pengajaran yang besifat menyenangkan untuk mata pelajaran Matematika. Namun guru juga harus mampu menerapkan apa yang telah didapat selama workshop ini dengan mata pelajaran lainnya," tuturnya.
Menurutnya, dengan adanya peningkatan kapasitas dan kemampuan guru, maka para siswa bisa menerima dengan mudah dan menyenangkan dalam mendapatkan materi dari guru-gurunya.
Frans Randus menjelaskan, dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di daerah ini, diperlukan peran guru yang maksimal. Namun Kabupaten Kubu Raya dihadapkan dengan masalah masih minimnya jumlah tenaga guru terutama di daerah terpencil.
Kondisi ini juga merupakan dampak diberlakukannya Moratorium CPNS sejak tahun 2014 lalu. Sehingga Pemerintah Daerah masih membutuhkan tenaga pengajar untuk ditempatkan di daerah.
Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kubu Raya, diperlukan keprofesionalan dan keihklasan guru dalam menjalankan tugas utamanya sebagai pendidik, karena guru merupakan ujung tombak dalam membentuk karakter siswa untuk dibimbing, diarahkan, melatih dan menilai serta mengevaluasi anak didik di jalur formal.
"Untuk itu, saya meminta agar guru dalam memberikan pendidikan kepada siswa tidak dengan emosional namun harus rasa memiliki terhadap anak didiknya. Karena dengan langkah ini, tentunya seorang guru berusaha mendidik siswanya agar menjadi pintar dan cerdas," kata Rusman Ali.
Untuk itu Rusman Ali mengharapkan kepada guru, agar lebih mengutamakan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga cita-cita daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan perlahan bisa tercapai sesuai dengan harapan.***4***
(KR-RDO)
(U.KR-RDO/C/T011/T011) 18-12-2016 09:59:34

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016