Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat melanjutkan program pemberian beasiswa ke perguruan tinggi selama empat tahun bagi putra dan putri Kubu Raya yang berprestasi.

"Beasiswa ini tidak hanya diberikan bagi siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, tetapi juga yang mau melanjutkan ke jenjang SMP dan SMA. Program tersebut telah berjalan sejak tahun 2015 dan akan kami lanjutkan kembali pada tahun 2017 ini," kata Bupati Kubu Raya Rusman Ali, di Sungai Raya, Senin.

Rusman mengatakan, walaupun manajemen pengelolaan SMA/SMK telah diambil alih oleh provinsi, namun program tersebut akan tetap berjalan. Menurutnya hal itu adalah untuk mendorong prestasi siswa di Kubu Raya.

Dia menegaskan bahwa program beasiswa prestasi bagi anak-anak Kubu Raya yang hendak masuk SMA tetap menjadi bagian dari program beasiswa prestasi Kubu Raya, walaupun SMA/SMK dalam pengelolaan provinsi.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tetap memberikan bantuan dana beasiswa selama empat tahun bagi siswa dan siswi Kubu Raya yang berprestasi.

"Kami telah memberikan beasiswa bagi para pelajar yang ingin melanjutkan ke pergurunan tinggi selama empat tahun, tetapi itu khusus untuk siswa siswi yang berprestasi, demikian juga anak-anak yang SMP dan SMA/SMK. Untuk SMP dan SMA/SMK adalah tiga tahun," katanya lagi.

Rusman menegaskan, apabila pelajar dan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa prestasi tersangkut masalah hukum, seperti narkoba dan kriminalitas lainnya, beasiswa itu akan dicabut.

"Apabila tersangkut masalah hukum terutama narkoba dan tindak kriminal lain langsung saya cabut beasiswanya. Saya ingin anak-anak di Kubu Raya berprestasi akademik juga memiliki akhlak dan moral yang baik dan berkualitas," ujar Rusman Ali pula.

Dia mengingatkan kepada para pelajar di kabupaten itu untuk menjauhi narkoba dan tidak terlibat dalam masalah yang melanggar hukum.

"Tugas pelajar itu ya belajar, jangan ikut-ikutan hal-hal yang melanggar hukum, apalagi terlibat narkoba," katanya lagi.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017