Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya segera melakukan pelantikan dan pengukuhan pejabat Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat yang diperkirakan mencapai 600 orang.

"Untuk proses itu, segera kita lakukan, tinggal menunggu jadwal. Seperti diketahui kebijakan pemerintah pusat ini semestinya mulai dilaksanakan terhitung 1 Januari 2017," kata Plt Sekda Pemkab Kubu Raya, Odang Prastyo di Sungai Raya, Selasa.

Dirinya memastikan proses pelantikan akan dilakukan dalam waktu dekat. Untuk jadwal pasti pihaknya masih menunggu arahan dari bupati dan wakil bupati.

"Kita masih menunggu arahan dari Pak Bupati. Yang jelas dalam beberapa hari kedepan sudah dilaksanakan," tuturnya.

Odang memastikan penetapan pejabat prosesnya sudah dilakukan oleh tim Baperjakat, yang berisikan beberapa pejabat .Hasil rapat Baperjakat tersebut kemudian direkomendasi kepada bupati.

Dikatakannya ada sekitar 600 PNS yang akan dikukuhkan maupun dilantik, baik dari eselon II,III, dan IV. Ia memastikan saat ini masih terus berproses.

"Ada beberapa Kabupaten/ Kota yang sudah melakukan pelantikan. Mudahan dalam waktu dekat akan kita sampaikan,"ungkapnya.

Disinggung mengenai alotnya proses penempatan serta pelantikan pejabat SOPD baru ini Odang menjelaskan, bahwa memang mekanismenya melalui beberapa proses. Misalnya untuk eselon II ada beberapa pilihan.

"Pertama jabatan utama dikukuhkan. Kedua kalau SOPD digabungkan, namanya job fit, itu misalnya, ada Kadis Koperasi ada Kadisperindag digabung, mana poinnya lebih tinggi, kita analisis dan ketiga kalau yang kosong kita lelang nanti, kemudian, yang ke empat non job ," katanya.

Ia menegaskan proses penempatan pejabat SOPD baru ini dilakukan sesuai mekanisme, dan pejabat yang ditempatkan harus orang yang profesional. Memang desas desus mengenai pelantikan ini sudah terdengar, bahkan informasinya akan dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017