Sambas (Antara Kalbar) - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili mengatakan para siswa yang merupakan generasi penerus bangsa termasuk siswa SMK harus memiliki kreativitas dan inovasi sehingga bisa menjadi yang produktif dan berprestasi.

"Sebagai siswa kejuruan, haruslah inovatif, kreatif dan berprestasi hebat. Pada usia produktif harus dimaksimalkan guna menghadirkan segudang prestasi bagi daerah, bangsa dan negara," ujar saat dihubungi di area Gebyar Sekolah Menengah Kejuruan Menengah di SMK N 1 Semparuk, Sambas, Kalimantan Barat, Senin.

Ia menambahkan melalui sekolah merupakan satu di antara wadah yang tepat untuk mengembangkan dan meningkatkan bakat dan prestasi yang dimiliki siswa.

"Raihlah prestasi positif, buat sejarah hebat dalam hidup anda, ciptakan masa hebat dan gemilang dalam bidang masing-masing," katanya.

Diingatkan Atbah, sejarah Islam mencatat dominasi peranan generasi muda dalam kemajuan perkembangan Islam. Dituturkan dia banyak kepemimpinan generasi muda pada kejayaan Islam memberikan warna dan catatan sejarah tersendiri.

"Kembali jadikan masa-masa anda menjadi pelajar dengan torehan prestasi muda yang membanggakan bagi semua," kata dia.

Hanya saja yang menjadi perhatian bersama tegas bupati, selama ini prestasi yang didapat lebih pada prestasi materi. Inginnya dia, generasi muda sudah harus memberi perhatian pada prestasi bidang keagamaan.

"Mari semua kita dekatkan diri dengan Tuhan, tidak hanya para generasi muda, para orang tua, kita berikan perhatian lebih pada kehidupan agama kita, dekatkan diri kita dengan Tuhan, Rasulullah telah memberikan teladan, bagaimana kita pupuk sejak usia dini kedekatan kita dengan Tuhan," katanya lagi.

Terpenting juga kata bupati, nilai berbakti kepada orang tua juga harus diperhatikan. Hal itu karena prestasi setinggi apapun di level manapun, tidak akan memiliki nilai yang berharga jika perilaku dengan orang tua atau kehidupan di level keluarga tidak berjalan baik.

"Utamakan berbakti kepada orang tua, insya Allah diberi kemudahan dalam mencapai prestasi di level yang lebih baik," katanya.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017