Pontianak (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengatakan terus memantau langsung berbagai program pemerintahan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 agar bisa berjalan dengan baik.

"Target kita paling tidak 70 persen, program pemerintahan yang sudah direncanakan dalam RPJMD 2017 ini bisa berjalan. Kalau sudah bisa berjalan 70 persen, menurut saya, itu saja sudah baik," kata Cornelis di Ngabang, Sabtu.

Dirinya menjelaskan, beberapa target yang dibuat sesuai dengan visi dan misinya yang disinkronkan dengan program pemerintah pusat.

Beberapa target tersebut di antaranya, bagaimana mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan sarana dan prasarana, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kita tidak usah muluk-muluk, jika semua target program pemerintahan itu tercapai, itu saja sudah cukup," tuturnya.

Dirinya menambahkan, beberapa program pemerintahan tahun 2016 lalu juga masih menyisakan banyak PR bagi pemerintahannya, dimana masih banyak program pembangunan yang belum terealisasi, atau sedang berjalan.

"Semua program itu kan, khususnya yang pembangunan, tergantung dari anggaran. Kalau ada anggarannya, tentu semua bisa berjalan dengan baik. Kalau anggarannya tidak ada, jelas kita mesti kerja keras untuk mencarinya," katanya.

Sebagai gubernur, dirinya sangat bersyukur karena sejauh ini pemerintah pusat terus mengucurkan anggaran untuk percepatan pembangunan di Kalbar. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa kegiatan mega proyek yang masih berlangsung di Kalbar.

Cornelis mengatakan tak banyak tuntutan Pemprov Kalbar kepada pemerintah pusat.

"Kalbar tak banyak tuntutan, tolong perbaiki infrastruktur jalan, jembatan, pendidikan, kesehatan, dan pertanian. Selesai," kata Cornelis.

Jika hal-hal tersebut bisa dilaksanakan, Cornelis yakin Kalbar akan maju. Menurut Cornelis, musrenbang disusun berdasarkan aspirasi di daerah.

"Harus dipilah-pilah berdasarkan kewenangannya. Ada yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten kota, hingga pemerintah desa," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017