Putussibau (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Abdurrasyid mengatakan luas tanaman padi di kabupaten tersebut pada tahun 2016 mencapai 24.103 hektare yang tersebar di seluruh wilayah Kapuas Hulu.

"Tanaman padi itu terdiri dari lahan basah atau sawah dan lahan kering," kata Abdurrasyid usai panen padi di Desa Sungai Besar, Kecamatan Bunut Hulu, Kapuas Hulu, Kamis.

Dirinya menjelaskan untuk luas tanaman padi di lahan sawah 10.305 hektare dan untuk lahan kering 13.798 hektare.

Menurut Abdurrasyid dari luas tanaman padi tersebut luas panen padi sawah 9.646 hektare, panen padi lahan kering seluas 14.313 hektare, dengan total panen padi Kapuas Hulu seluas 23.959 hektare atau 99, 40 persen.

"Tingkat keberhasilan tanaman padi tahun lalu yang dilakukan masyarakat kelompok tani mengalami peningkatan cukup tinggi," kata Abdurrasyid.

Dikatakan Abdurrasyid berbagai bantuan pembangunan pertanian yang bersumber dari APBN dan APBD telah pemerintah salurkan.

Adapun bantuan tersebut berupa sarana produksi pertanian seperti pupuk, benih, pestisida dan alat sinta. Selain itu sarana dan prasarana pertanian di antaranya jalan usaha tani, irigasi pertanian, penataan lahan persawahan dan saung tani.

Ditambahkan Abdurrasyid selain tanaman padi Kapuas Hulu juga mengembangkan tanaman jagung dan ubi kayu serta kedelai.

Untuk tanaman jagung kata Abdurrasyid, seluas 764 hektare, ubi kayu seluas 387 hektare dan kedelai seluas 64 hektare.

"Kita berharap masyarakat petani Kapuas Hulu semakin sejahtera dan lebih giat dalam bertani," kata Abdurrasyid.




Pewarta: Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017