Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan, dirinya akan melakukan penataan pembangunan wilayah pesisir saat berkunjung ke Desa Sepuk Laut Kecamatan Sungai Kakap.

"Bagi nelayan wilayah pesisir, kami akan melakukan pembangunan infrastruktur yang diharapkan mampu memberikan dorongan terhadap pekerjaannya. Dalam menggali segala potensi yang ada pada suatu wilayah," kata Rusman Ali di Sungai Kakap, Minggu.

Pemkab Kubu Raya akan mengutamakan pembangunan dermaga yang akan sangat bermanfaat, guna memberikan sarana dan prasarana melaut mereka saat tiba dari laut.

"Jika dermaga sudah terbangun dengan baik, maka nelayan akan mendapat kemudahan dalam mendistribusikan dan memasarkan hasil laut mereka," tuturnya.

Dikatakan Rusman Ali, bila sudah mendapat akses yang mudah dan gampang dalam pendistribusian hasil-hasil tangkap nelayan akan semakin meningkatkan pasar dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, pada tahun 2017 ini ada beberapa Dermaga yang akan dibangun di wilayah Desa Sepuk Laut Sungai Kakap. Dermaga yang akan dibangun tersebut, diharapkan akan dapat mendorong peningkatan mobilitas dan aktivitas nelayan di wilayah tersebut.

Di tempat yang sama, anggota DPRD Kubu Raya Dapil Sungai Kakap Lendeng Syahrani mengaku sangat mendukung atas adanya program-program peningkatan infrastruktur masyarakat terutama di wilayah pesisir Kubu Raya.

"Makanya kita akan selalu mendorong anggaran ini sesuai kapasitasnya di setiap wilayah. Untuk daerah pesisir memang sangat penting sekali pembangunan dermaga," katanya.

Hal senada juga diutarakan oleh Utin Nurvita, Anggota DPRD Kubu Raya yang juga berasal dari Dapil Sungai Kakap, yang mengungkapkan dorongan pemerintah daerah terhadap pembangunan selalu dilakukan.

Menurutnya, Legislatif dan eksekutif bekerjasama dalam menganggarkan pembangunan yang berkelanjutan dan bermanfaat sepenuhnya bagi nelayan dan petani.

"Kita selalu memetakan pembangunan sesuai wilayah masing-masing. Tapi kita Kubu Raya ini memiliki wilayah paling banyak adalah wilayah pesisir. Sehingga pembangunan wilayah pesisir sangat diperhatikan begitu juga dengan jalan poros," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017