Pontianak (Antara Kalbar) - PLN Wilayah Kalbar melalui Unit Layanan PLN Area Pontianak dan Area Singkawang melaksanakan pemeliharaan gardu dan jaringan distribusi guna memastikan pasokan listrik aman dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak di Kota Singkawang dan Kabupaten Landak, Rabu (15/2).

Menurut Manajer Area Singkawang Suwarno saat dihubungi di Pontianak, Selasa, pemeliharaan rutin tersebut sebenarnya kerap dilakukan guna menjaga keandalan sistem distribusi.

"Dalam rangka mensukseskan perhelatan Pemilu di Kota Singkawang kami telah berkoordinasi dengan KPUD Singkawang guna membuat SOP sistem kelistrikan yang disesuaikan dengan jadwal kegiatan Pemilu. Untuk keandalan sistem pendistribusian listrik kami telah pula berkoordinasi dengan APD dan AP2B Kalbar," jelas Suwarno.

Dikatakannya, untuk menjaga pasokan listrik, PLN Area Singkawang telah menempatkan 1 unit genzet berdaya mampu 50 KW di kantor KPUD Singkawang sejak H-2 hingga H+9 pelaksanaan Pemilu.

Menurut Suwarno, keandalan pasokan listrik menjadi sangat penting terutama saat dilakukannya perhitungan suara di KPUD. Di kota Singkawang sendiri terdapat 7 Kecamatan dan 405 TPS yang akan mengakomodir warga masyarakat yang ingin menggunakan hak suara.

"Kami juga menempatkan petugas teknik yang bertugas selama dua puluh empat jam di gardu-gardu distribusi dan kantor KPUD," ungkap Suwarno.

Sementara itu PLN Area Pontianak menempatkan genzet berkapasitas 60 kW di kantor KPUD Landak.

Untuk Kabupaten Landak pasokan listriknya berasal dari PLTD Plasma Ngabang dan GI Senggiring melalui sistem Khatulistiwa.

Manajer PLN Area Pontianak, Hitler SP Togatorop mengatakan, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan KPUD Landak untuk memastikan pasokan listrik terjamin selama Pemilu Pilkada serentak berlangsung.

"SOP yang kami buat tentunya disesuaikan dengan jadwal pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Landak," ujar dia.

Untuk memback up pasokan listrik, pihaknya menjaga setiap penyulang yang mensuplai listrik di lokasi-lokasi pemungutan dan perhitungan suara.

Kabupaten Landak memiliki 13 Kecamatan dan 1.006 TPS yang akan dipergunakan oleh warga masyarakat untuk melaksanakan pencoblosan.

Secara umum kondisi kelistrikan di kota Singkawang dan Kabupaten Landak dalam kondisi aman. 

(T011/N005)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017