Sambas (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas, Jusmadi mengatakan sebanyak 26.796 siswa dari semua jenjang sekolah di Sambas terdata mengikuti ujian tahun 2017.

Jusmadi memaparkan untuk peserta ujian tingkat SD/sederajat mendominasi yakni sebanyak 11.600 siswa. Selanjutnya disusul SMP/sederajat sebanyak 8.800 siswa dan tingkat SMA/sederajat sebanyak 5.000 sisa.

"Kemudian untuk paket A, B dan C sebanyak 1.300 orang. Semoga peserta yang sudah terdata semuanya hingga hari ujian bisa mengikuti," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Jusmadi menjelaskan sebelum pelaksanaan ujian akan dilakukan kegiatan sosialisasi mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa hingga ke sekolah-sekolah.

Ia memaparkan juga bahwa pada 2017 ada beberapa jenis ujian yang dilaksanakan. Yakni Ujian Sekolah, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

"Sesuai dengan POS UN dan USBN Tahun 2017, untuk jadwal UNBK SMK/MAK rencananya dilaksanakan pada Senin - Kamis atau tanggal 3-6 April 2017," kata dia.

Sedangkan jadwal UNBK SMA/MA, dilakukan pada Senin - Kamis (10-13 April). Jadwal UNBK SMP/MTs, Selasa - Kamis (2-4 Mei) dan Senin (8 Mei).

Jadwal Ujian Nasional Berbasis Pensil dan Kertas (UNPK) untuk tingkat SMK, Senin - Kamis (3-6 April). Jadwal UNPK SMA, Senin - Kamis (10-13 April). UNPK SMP dilaksanakan Senin dan Selasa (22 dan 23 Mei).

Kemudian untuk USBN tingkat SMK sebut Jusmadi, dilaksanakan Senin hingga Rabu (20-22 Maret). Jadwal USBN SMA/MA Senin hingga Kamis (20-23 Maret). Jadwal USBN SMP/MTs Senin - Rabu (17- 19 April).

"Untuk UNBK, tahun ini ada sembilan sekolah untuk tingkat SMA/SMK. Kemudian satu sekolah untuk tingkat SMP," katanya.

Ia berharap seluruh peserta ujian baik jenjang SD hingga SMA sederajat serta ujian kesetaraan, mengalami peningkatan nilai rata-rata, terlebih untuk tahun lalu prestasinya cukup baik.


Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017