Pontianak (Antara Kalbar) - Dermaga tradisional yang berada di sekitar Pasar Sambas kini kondisinya memprihatinkan sehingga menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Sambas agar dilakukan pembangunan ulang.

Kepala bidang pelayaran Dinas Perhubungan kabupaten Sambas, Indra Gunawan mengatakan pihaknya saat ini akan mengajukan perbaikan dermaga yang memegang peranan penting, dalam perekonomian masyarakat setempat.

"Dermaga tersebut mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengangkut orang dan barang terutama dari beberapa kecamatan yang akses jalan daratnya cukup minim. Oleh karena itu penting dibangun ulang," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Indra Gunawan memaparkan bahwa setiap tahunnya pihaknya selalu melakukan renovasi terhadap dermaga tersebut. Lantaran usianya yang sudah puluhan tahun, ditambah semua bahan bangunan dermaga tersebut terbuat dari bahan kayu sehingga ke depan harus dibangun ulang.

"Wajar kalau kondisinya saat ini memprihatinkan lantaran sudah puluhan tahun dan semua bahan pembuatnya juga dari kayu, " terangnya.

Menurutnya, pada tahun 2018 mendatang sebagaimana dengan keinginan Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili bahwa tidak ingin melakukan renovasi lagi namun dengan mengganti yang baru dengan sistem betonisasi.

"Sesuai dengan keinginan bupati, kita akan mengganti dermaga ini dengan dermaga menggunakan beton. Mudah-mudahan kita terkejar untuk pembangunan tahun 2018 nanti. Untuk pekerjaannya nanti apakah sekaligus ataupun secara bertahap kita lihat anggarannya terlebih dulu," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017