Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Sintang Jarot Winarno telah merencanakan pengalihan fungsi dari Bandara Susilo apabila bandara yang baru yakni Tebelian resmi beroperasi.

"Ada alternatif pemanfaatannya seperti untuk sekolah penerbangan yang akan kami tawarkan ke Kementerian Perhubungan. Ini sesuai pemikiran Milton Crosby," kata Jarot Winarno saat dihubungi dari Pontianak, Selasa.

Alternatif lain adalah dengan menjadikan kawasan tersebut sebagai sentral bisnis di Sintang. "Kita bikin mall di sana. Tapi Bandara Susilo inikan sudah menjadi aset Departemen Perhubungan. Jadi kami akan minta kewenangan itu dikembalikan dulu. Baru akan kami pikirkan untuk apa Bandara Susilo ini," kata Jarot.

Bandara Tebelian sendiri rencananya akan diresmikan tahun ini. Namun Jarot Winarno hingga saat ini belum mendapat informasi dari Kementerian Perhubungan, mengenai kapan diresmikannya bandara tersebut.

"Peresmian Bandara Tebelian belum bisa dipastikan waktunya. Kami pun masih menunggu izin kelayakan operasional bandara itu," kata Jarot saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Kata dia, Pemkab Sintang masih menunggu tim dari Kementerian Perhubungan untuk datang ke Sintang. Tim ini akan melihat, mengecek dan memberikan izin kelayakan operasional Bandara Tebelian.

Terpisah, Milton Crosby, Mantan Bupati Sintang yang juga penggagas Pembangunan Bandara Tebelian mengatakan, peresmian Bandara Tebelian sekarang tergantung dari jadwal pemerintah pusat. "Awalnya bandara ini akan diresmikan pada Februari. Tapi karena ada pilkada serentak, maka ditunda. Jika diresmikan tahun ini, kemungkinan akan disamakan dengan peresmian Bandara Supadio Pontianak pada April nanti," katanya.

Sementara itu, setelah tidak dioperasionalkan lagi Bandara Susilo Sintang, Milton menyerahkan sepenuhnya Pemkab Sintang untuk menentukan alihfungsi Bandara Susilo tersebut. "Dulu saya mengusulkan Bandara Susilo ini menjadi sekolah penerbangan. Tapi sampai sekarang yang mau membangun sekolah penerbangan pun tidak ada tindak lanjutnya," katanya.

Milton mengatakan sekarang tergantung Pemkab Sintang dan Kementerian Perhubungan, apakah mau menjadikannya sebagai Sekolah Penerbangan atau sentral bisnis. Untuk menjadi kawasan sentral bisnis pun, menurut Milton juga baik karena letaknya yang di tengah Kota Sintang.

Pewarta: Teguh/Faiz

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017